sign up SIGN UP search


parenting

5 Doa Pendek untuk Orang Sakit yang Bisa Diajarkan ke Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Jul 2021 18:36 WIB
Anak muslim caption
Jakarta -

Berdoa adalah perbuatan yang paling mulia di mata Allah SWT. Melalui doa, kita bisa bercerita dan memohon sesuatu kepada Allah SWT.

Konsep tersebut bisa kita ajarkan ke anak ya, Bunda. Sejak dini, biasakan si Kecil berdoa sebelum melakukan aktivitas apa pun atau ketika dia menginginkan sesuatu.

Mochamed Soleh, S.Ag menyatakan dalam bukunya yang berjudul Doa Yuk! Kumpulan Doa Sehari-hari untuk Pembentukan Karakter Anak, doa berarti memohon sesuatu yang bermanfaat dan memohon tercegah sesuatu yang memudharatkan.


Sahabat Rasulullah, Abu Hurairah, bersabda, "Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dari doa."

Doa juga merupakan cara kita untuk memperkuat usaha serta ikhtiar akan sesuatu. Dalam hadits lain, Rasulullah menjelaskan bahwa doa dapat mendatangkan manfaat.

"Doa itu mendatangkan manfaat atas sesuatu yang sudah atau yang belum diturunkan Allah. Tak ada yang dapat menolak qadha (ketetapan Ilahi), kecuali doa yang mustajab (terkabul)." (HR Tirmidzi).

Sebelum mengajarkan anak berdoa, orang tua perlu memberikan contoh terlebih dulu. Kita juga bisa mengambil contoh nyata dari kejadian di sekitar, misalnya orang terdekat ada yang sedang sakit.

Saat seseorang sakit, jelaskan pada si Kecil tentang keutamaan berdoa. Beri penjelasan bahwa doa menjadi cara terbaik untuk meminta kesembuhan dan pertolongan Allah SWT.

Ketika anak mulai berdoa, dia juga akan belajar rasa empati kepada sesama. Di saat inilah, kita dapat mengembangkan nilai-nilai positif dalam kehidupan anak.

Doa untuk orang sakit

Kita bisa mengajarkan anak untuk membaca doa ketika menjenguk orang sakit ya, Bunda. Doa tidak perlu panjang agar bisa diingat dan dihafal buah hati.

Bagi orang yang menjenguk, hukumnya sunnah untuk berdoa. Berdasarkan hadis yang terdapat di dalam sahih Muslim, ketika Utsman bin Abil Ash mengadu kepada Rasulullah perihal penyakit yang dia rasakan di tubuhnya, maka Rasulullah bersabda:

"Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang sakit, dan bacalah 'bismillah' tiga kali, kemudian bacalah sebanyak tujuh kali, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan apa yang aku dapati dan aku takutkan." (HR. Muslim)

Dalam buku 70 Doa Harian Anak oleh Fathuri Ahza Mumtaza, dijelaskan bahwa kesembuhan itu berasal dari Allah SWT. Obat atau dokter hanya membantu kesembuhan.

"Ketika siapa pun sakit, dia diperintahkan untuk berusaha mencari kesembuhan kepada orang-orang yang dipercaya sesuai bidangnya. Sebab, Allah menitipkan kesembuhan kepada makhluknya, di antaranya orang-orang tersebut," kata Fathuri.

Konsep berdoa untuk orang sakit ini memang perlu dipahami ya. Tak hanya bagi anak, Bunda pun perlu memahami konsep agar bisa mengajarkan buah hati membaca doa dengan benar.

Setelah paham, Bunda bisa mulai memandu si Kecil dalam membaca doa dan jangan paksa mereka. Sebagai orang tua, kita pun dapat memotivasi anak agar mengerti tentang keutamaan dan manfaat berdoa untuk orang yang sakit.

A Muslim young man is putting both palms together (Muslim way of praying) at home in Malaysia. He is wearing 'baju Melayu', a traditional Muslim menswear.Ilustrasi anak berdoa/ Foto: iStock

Melansir dari beberapa sumber, berikut 5 doa pendek untuk orang sakit yang bisa diajarkan ke anak:

1. Doa minta kesembuhan

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma rabbannaas adzibil ba'sa isyfihi wa antasy syaafi laa syifaa'a illa syifaa'uka, syifaa'an laa yughaadiru saqamaa)

Artinya: "Ya Allah Rabb manusia, hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain."

2. Doa agar diberikan kesehatan

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

(Allahumma 'aafinii fii badanii allahumma 'aafinii fii sam'ii allahumma 'aafinii fi basharii la ilaha illa anta)

Artiya: Ya Allah, sehatkan badanku. Ya Allah, sehatkan pendengaranku. Ya Allah sehatkan penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.

Doa pendek di atas dapat dibaca di waktu pagi dan petang hari, masing-masing tiga kali. Selain doa tersebut, Bunda bisa mengajarkan anak doa Rasulullah SAW agar diberikan kesehatan, yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

(Allohumma innii a'uudzu bika min zawaali ni'matik, wa tahawulli 'aafiyatik, wa fujaa'ati niqmatik, wa jamii'i sakhothik)

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engku berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu."

3. Doa saat sakit panas atau demam

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ أَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَارِ

(Bismillahilkabiiri a'uudzubillaahil'azhiimi min syarri'irqin na'aarin wamin syarrinnaari)

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Besar, kami berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari kejahatan peluh yang mendidih dan kejahatan panasnya api."

4. Doa agar terlindung dari penyakit berbahaya

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

(Allahuma inni a'udzubika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi'il asqaami)

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari penyakit belang, penyakit gila, penyakit kista, dan penyakit-penyakit buruk lainnya."

5. Doa menjenguk orang sakit

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

(As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka)

Artinya, "Aku memohon kepada Allah yang agung, pelindung arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Kumpulan doa pendek di atas dapat diajarkan ke anak setiap saat ya, Bunda. Semoga bermanfaat!

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi