sign up SIGN UP search


parenting

Zinc Multivitamin COVID-19, Ini Alasan Anak Perlu Mengonsumsi dari Kecil

Annisa Karnesyia Minggu, 08 Aug 2021 12:00 WIB
DOSIS ZINC UNTUK ANAK
ilustrasi minum obat caption

Zinc untuk meningkatkan imun tubuh anak

Suplementasi zinc juga dapat mengurangi diare dan infeksi pada anak-anak yang kekurangan gizi. Zinc sebagai mikronutrien memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir Science Daily, anak-anak yang mengonsumsi zinc lebih kecil kemungkinan bisa terkena diare. Dalam satu studi, tim peneliti menemukan perbedaan dalamĀ pertumbuhan anak yang diberikan sedikit zinc.

Peneliti melakukan 80 percobaan yang melibatkan 205.401 anak berusia 6 bulan hingga 12 tahun, yang sebagian besar berasal dari negara berpenghasilan rendah dan menengah. Secara keseluruhan, penulis penelitian menyimpulkan bahwa suplementasi zinc dapat bermanfaat bagi anak-anak yang kekurangan gizi.


Sementara itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam lamannya menjelaskan bahwa suplementasi zinc terbukti dapat menurunkan insidenĀ diare dan pneumonia, mendukung pertumbuhan linear, dan memiliki efek positif dalam menurunkan angka kematian terkait penyakit infeksi. Suplementasi zinc bisa diberikan rutin selama minimal 2 bulan setiap 6 bulan sekali, pada bayi usia 6-23 bulan.

Dosis zinc untuk anak

Untuk dosis suplementasi zinc pada bayi, Bunda bisa konsultasikan dulu ke dokter ya. Dosis pun harus tepat agar manfaatnya menjadi optimal.

Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), asupan sekitar 25 sampai 50 mg zinc dilaporkan bisa mengganggu metabolisme. Khusus anak remaja, disarankan konsumsi zinc dalam jumlah terbatas. Sementara dosis untuk anak bisa berbeda di setiap negara. Berikut dosis zinc sesuai Recommended Dietary Allowance (RDA) seperti melansir dari Stanford Children's Health:

  • Bayi usia 0-6 bulan: 2 mg
  • Bayi usia 7-12 bulan: 3 mg
  • Anak usia 1-3 tahun: 3 mg
  • Anak usia 4-8 tahun: 5 mg
  • Anak usia 9-13 tahun: 8 mg
  • Anak usia 14-18 tahun: 11 mg (laki-laki)
  • Anak usia 14-18 tahun: 9 mg (perempuan).
(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!