sign up SIGN UP search


parenting

Bahaya Vitamin Gummy untuk Anak, Kurang Serat Hingga Bahayakan Gigi

Annisa Karnesyia Rabu, 11 Dec 2019 16:39 WIB
Anak suka makan vitamin gummy? Kira-kira aman enggak ya, Bun? caption
Jakarta - Asupan nutrisi pada anak bisa dipenuhi dengan memberikan multivitamin tambahan. Salah satunya, vitamin dalam bentuk gummy kenyal yang dijual bebas di pasaran.

Mengutip Very Well Family, seperti obat lainnya, vitamin gummy mengandung nutrisi. Namun, menurut dokter anak Vincent Iannelli, MD, biasanya jenis multivitamin ini tidak mengandung zat besi dan kandungan kalsiumnya terbatas.


"Padahal kedua zat ini paling dibutuhkan untuk pertumbuhan anak," kata Iannelli.


Meski banyak produk vitamin gummy yang menawarkan nutrisi komplit dari buah dan sayuran, beberapa tidak mengandung serat. Bunda harus pertimbangkan memberi vitamin gummy yang mengandung serat, terutama pada anak yang tidak makan buah dan sayuran.

Berbeda dengan Iannelli, co-author buku The Picky Eater Project Natalie Muth, M.D., RDN, tidak merekomendasikan vitamin gummy untuk anak-anak. Sebab, kandungan gula di produk ini tinggi.

Dua vitamin gummy biasanya mengandung hampir satu sendok teh gula tambahan. Belum lagi bentuknya yang seperti permen bisa mengubah cara pandang anak tentang obat.

"Anak-anak bisa menganggap apapun yang mirip permen sebagai makanan sehat," kata Muth, dilansir Parents.

Ilutrasi anak makan vitamin gumyIlutrasi anak makan vitamin gummy/ Foto: iStock

Vitamin gummy yang lengket bisa juga menempel di gigi. Risikonya tentu saja bisa membuat gigi si kecil berlubang.

Muth menekankan jika kebanyakan anak-anak tidak membutuhkan suplemen. Kecuali anak dengan anemia yang butuh zat besi tambahan.

Pemberian vitamin gummy cocok untuk anak yang suka pilih-pilih makanan. Multivitamin bisa bertindak sebagai 'asuransi' untuk anak yang sedang belajar makan.


Kata ahli diet Sally Kuzemchak, MS, RD, jika mencari vitamin gummy untuk anak, pilihlah yang sedikit gula dan tidak mengandung pewarna buatan. Jangan tergoda dengan suplemen mewah dan mengandung herbal tambahan.

"Jika memilih vitamin gummy, pastikan anak selalu menyikat gigi setelah mengonsumsinya," tutur Kuzemchak.

Simak juga manfaat luar biasa anak konsumsi buah dan susu di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi