sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Nabi Muhammad Sebelum Tidur untuk Mengajarkan Teladan Kesabaran

Tim HaiBunda Minggu, 05 Sep 2021 19:00 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW caption
Jakarta -

Bunda, kisah Nabi Muhammad SAW adalah salah satu kisah islami yang dapat untuk diceritakan pada Si Kecil. Banyak pelajaran yang dapat untuk diambil dari kisah ini, mulai dari kelahiran Nabi Muhammad, perjalanan berdakwah, menikah, sampai wafatnya.

Menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad SAW, selain mengenalkan anak pada sosok junjungan besar umat islam, Bunda pun bisa mengajarkan mereka sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah kisah Nabi Muhammad SAW dengan nilai keteladanan yang bisa Bunda ceritakan serta ajarkan pada Si Kecil:


Banner Bule Perancis Nikahi Gadis KalimantanFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Nabi Muhammad SAW adalah putra dari Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Rasullullah lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun Gajah di Kota Mekkah. Ayah Nabi Muhammad SAW merupakan saudagar yang kerap pergi ke Negeri Syam.

Namun demikian, Nabi Muhammad SAW belum pernah bertemu dengan ayahnya. Ayah Nabi Muhammad SAW, Abdullah, meninggal ketika ibunya, Aminah, tengah mengandung. Ketika lahir, selanjutnya Nabi Muhammad diserahkan kepada Halimah Sa'diah supaya disusukan.

Rasulullah kemudian tinggal dengan ibu susunya selama empat tahun di dusun Bani Sa'ad.Ketika Nabi Muhammad SAW kecil berusia enam tahun, beliau dibawa oleh ibunya pergi ke Madinah untuk bertemu dengan paman-pamannya.

Namun ibunya, Aminah, meninggal di saat perjalanan dari Mekah ke Madinah. Lalu Nabi kecil diasuh Ummu Aiman selama dua tahun di bawah tanggungan dari sang kakek, Abdul Muthalib. Saat berumur delapan tahun, kakek Nabi Muhammad SAW, Abdul Muthalib, meninggal. Rasullulah kemudian diasuh oleh pamannya, Abu Thalib.

Abu Thalib adalah salah satu petinggi keluarga Bani Hasyim. Semenjak itulah Nabi Muhammad SAW kerap ikut berdagang ke Negeri Syam.

Pada saat sudah dewasa, tepatnya saat berusia 25 tahun, Rasullullah menikah dengan Siti Khadijah. Saat itu usia dari Siti Khadijah sudah 40 tahun.

Setelah mendapatkan wahyu untuk pertama kalinya, Rasulullah kemudian fokus untuk melakukan dakwah serta menyebarkan agama Islam. Nabi Muhammad SAW mulai berdakwah dari lingkungan terdekat secara sembunyi-sembunyi hingga akhirnya beliau bisa berdakwa secara terang-terangan.

Nabi Muhammad SAW wafat ketika berumur 63 tahun. Sebelum beliau wafat, Beliau mengalami sakit hingga pada akhirnya hembuskan napas yang terakhir. Wafatnya Nabi Muhammad SAW adalah kehilangan yang terbesar untuk semua sahabat Nabi danuntuk umat islam.

Nah, itulah kisah Nabi Muhammad SAW secara singkat yang bisa Bunda ceritakan pada si kecil. Cerita islami seperti kisah Rasullullah ini mengajarkan pada anak untuk bersabar di dalam hidup dan melakukan suatu hal yang baik.

Maka dari itu, Bunda bisa biasakan untuk menceritakan berbagai kisah Islami dan cerita baik lainnya yang mengandung pengajaran. Tujuannya agar anak semakin memahami teladan dan ilmu dari Nabi Muhammad yang bisa diserap sebaik mungkin. (PK)

Simak juga video berikut mengenai menu makanan buka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

[Gambas:Video Haibunda]





(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!