sign up SIGN UP search


parenting

Mischka & Devon Raih 33 Medali Olimpiade Matematika, Intip Strategi Belajarnya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 24 Aug 2021 11:58 WIB
Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo, kakak-adik peraih 33 medali kompetisi sains dan matematika internasional. caption
Jakarta -

Nama Indonesia kembali berjaya di dunia internasional. Kali ini, kakak beradik Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo berhasil mengharumkan nama bangsa usai membawa pulang 33 medali olimpiade matematika dan sains internasional, Bunda.

Mischka Aoki berusia 12 tahun, sementara adiknya, Devon Kei Enzo, kini berusia 11 tahun. Kakak beradik anak desainer ternama Winnie Aoki ini berhasil meraih 33 medali dalam kurun waktu enam bulan lho.

"Itu dalam enam bulan terakhir, kita senang bisa menang dan membawa nama baik Indonesia di Internasional," kata Mischka saat melakukan wawancara Live Instagram bersama CNN Indonesia, dikutip dari Instagram @winnie_mischkaaoki, Senin (23/8/21).


Devon mengatakan bahwa dia dan sang kakak memang sudah sering berpartisipasi dalam olimpiade matematika dan sains, Bunda. Momen terbaik Devon adalah saat dirinya berhasil membawa pulang medali Perunggu di Olimpiade Matematika Internasional atau World Mathematics Invitational (WMI) 2019.

Wanita Batak Cerai dari Bule KayaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Dua tahun kemudian atau tepatnya pada bulan Agustus ini, Devon berhasil meraih penghargaan Diamond Medal. Sementara sang kakak, merebut medali Silver.

"Sebenarnya dari kecil kita sudah sering participate olimpiade matematika dan sains internasional. Dalam masa pandemi atau selama 2021, kita berdua sudah menang lebih dari 32 medali," ujar Devon

"Momen paling memorable buat saya adalah waktu di tahun 2019, saat itu saya berhasil membawa pulang Broze Medal di WMI final di Fukuoka, Jepang. Dan satu lagi minggu lalu, untuk pertama kali saya bisa mendapatkan Diamond Medal di WMI," sambungnya.

Cara membagi waktu belajar dan main

Meraih prestasi tingkat internasional tak mudah bagi kakak beradik ini. Keduanya yang kini menimba ilmu di ACS Jakarta itu harus belajar ekstra untuk mengerjakan latihan soal.

Saat menyabet 33 medali, Mischka dan Devon mengikuti pertandingan setidaknya setiap dua minggu sekali. Untuk latihan, kakak beradik ini sudah membuat jadwal yang menyesuaikan waktu sekolahnya.

"Ya kadang di bulan-bulan tertentu ada saatnya memang kita ikut lomba hampir setiap minggu, belajar setiap hari kerjain soal dan latihan, ini memang memakan waktu. Kita mulai sekolah jam 8 pagi dan selesai jam setengah 4 sore, setelah itu masih ada homework, school project, dan grup project. Setelah semua selesai, baru kita mulai latihan," kata Devon.

Lantas bagaimana Mischka dan Devon mengatur waktu untuk melakukan aktivitas seperti bermain ya, Bunda? Lalu bagaimana perasaan mereka setiap menjalani kompetisi internasional?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga langkah mudah agar anak suka belajar di rumah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SUKA MATEMATIKA DAN BERKOMPETISI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!