sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Wanita Manado Nikahi Bule, Ungkap Beda Pola Asuh Anak di RI & Inggris

Asri Ediyati Selasa, 31 Aug 2021 22:05 WIB
Cute newborn baby girl in towel after bath with mother hands rub her body dry with tenderness caption
Jakarta -

Setiap negara pastinya memiliki perbedaan pola asuh anak yang cukup kentara. Perbedaan ini dirasakan oleh wanita RI bernama Bunda River. Ia kini menetap di Inggris usai menikah dengan suami bule dan menceritakan bagaimana perbedaan cara merawat bayi di sana.

Ternyata perbedaannya cukup mencolok, Bunda. Wanita asal Manado itu masih ingat ketika baru saja melahirkan anaknya 2,5 tahun lalu dan sempat kaget dengan pola asuh ala bule. Yang pertama soal bonding time.

Bunda River menceritakan bahwa di Inggris, bonding time itu sangat-sangat utama ketika bayi baru lahir. Bonding kalau Bahasa Indonesianya itu menjalin ikatan antara bayi baru lahir dengan bunda.


"Saya ingat sekali waktu baru lahir River, begitu River dibawa, 'Oh ini bayinya' langsung diangkat nih si River, saya kan lahiran normal, sama suster, bidan langsung ayo buka bajunya supaya skin-to-skin sama River," katanya dilansir kanal YouTube-nya Everyday Riverday.

Banner resep Rp200 ribu

Bunda River bahkan disarankan perawat untuk telanjang dada sesering mungkin, apalagi saat menyusui. Sementara, Bunda River memberi keterangan di videonya, di Indonesia bonding time tidak sampai telanjang dada dan menyusui newborn juga masih memakai baju.

Perbedaan selanjutnya, di Inggris, tidak ada istilah tabu untuk bayi diberikan susu formula. Menurut pengalaman Bunda River di sana, saat bayinya tidak minum ASI, orang-orang Inggris tidak julid dengan keputusan orang tua.

"Justru di sini, yang ngasih ASI (di publik) yang mendapat julid dari orang lain. Kebalik ya.. kalau di Indonesia, semua itu harus memberi ASI," katanya.

"Seperti contohnya mertua saya, beberapa puluh tahun lalu melahirkan suami saya. Dia bisa menghasilkan ASI, tapi dia, 'Enggak ah, aneh'. Warga sini (Inggris) tuh berpandangan kasih ASI itu aneh," kata Bunda River.

Lalu, Bunda River juga menceritakan bahwa di Inggris, menyusui di depan umum malah dianggap tabu, harus ditutupi karena kalau tidak bisa dicibir masyarakat.

Apa lagi perbedaan cara merawat bayi di Inggris dan RI menurut pengalaman Bunda River? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga aktivitas fisik untuk batita melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



SOAL MANDIKAN BAYI, DI INGGRIS BEDA BANGET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!