sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Rambut Bayi Bisa Lebih Lebat Setelah Digunduli? Ini Kata Dokter

Annisa Karnesyia Kamis, 02 Sep 2021 15:30 WIB
MITOS ATAU FAKTA, RAMBUT BAYI BISA LEBAT SETELAH DIGUNDULI
Mencukur Rambut Bayi caption

Nah ternyata, Bunda dan Ayah enggak perlu lho menggunduli rambut bayi setelah prosesi aqiqah. Tidak ada jaminan rambut bayi bisa tumbuh lebat setelah digunduli lho.

Perdoski memaparkan bahwa jumlah folikel rambut bayi sudah tetap sejak lahir dan tidak akan berubah hingga ia dewasa. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir bila buah hati lahir dengan rambut tipis atau botak ya. Rambutya pasti akan tumbuh kembali kok.

Sebaliknya, rambut lebat pada bayi baru lahir tidak akan menjamin rambutnya akan lebat juga nantinya. Jadi, menggunduli bayi tidak akan membuat rambutnya tumbuh lebih lebat, karena lebat tidaknya rambut bayi ditentukan jumlah folikel rambut yang sudah ada sejak lahir.


Dokter Spesialis Anak, Konsultan Jantung Anak di RSIA Bunda Jakarta, dr. Dedi Wilson, Sp.A(K), mengatakan bahwa rambut tipis pada anak usia 0-12 bulan adalah wajar. Pada dasarnya, rambut bayi baru lahir umumnya memang akan rontok. Setelah berusia setahun lebih, barulah tumbuh rambut kasar sampai anak dewasa.

"Kalau awal itu rambut bawaan lahir namanya lanugo akan rontok sendiri. Selang setahun baru tumbuh kasar. Jadi enggak ada gunanya mencukur rambut anak, karena rambut itu sebenarnya resisten yakni melindungi anak agar tidak kehilangan panas. Kalau dicukur anak justru bisa kedinginan," ujar Dedi kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Rambut tipis mirip rambut jagung juga tak menjamin anak itu kekurangan gizi ya. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
BENARKAN RAMBUT TIPIS PERTANDA ANAK KURANG GIZI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!