sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Rambut Bayi Bisa Lebih Lebat Setelah Digunduli? Ini Kata Dokter

Annisa Karnesyia Kamis, 02 Sep 2021 15:30 WIB
BENARKAN RAMBUT TIPIS PERTANDA ANAK KURANG GIZI
Mencukur Rambut Bayi caption

Beberapa waktu lalu, rambut salah seorang anak selebritis dikomentari mirip rambut jagung. Sehingga dikatai kalau kurang gizi. Hal ini pun membuat sejumlah Bunda menjadi panik melihat kondisi rambut anaknya. Apakah benar demikian?

Menurut dokter Dedi, salah satu tanda anak kurang gizi memang bisa dilihat dari kondisi rambutnya. Tapi, harus dilihat lagi apakah kondisi yang disebut rambut jagung ini disertai rusak atau pecah-pecah.

Selain itu, penilaian statusĀ anak kurang gizi juga perlu dinilai dari kondisi lainnya. Ada faktor-faktor untuk menilai apakah anak kurang gizi atau tidak, Bunda.


"Enggak (belum tentu rambut jagung itu kurang gizi). Ada manifestasi yang lain, kan rambut itu fungsinya sama seperti kulit. Kulit bisa kering, pecah-pecah, baru disusul dengan rambut kelihatan tidak bersinar, dan ujungnya pecah-pecah. Itu bisa terjadi karena kekurangan mikronutrien, yakni vitamin B," kata Dedi.

"Tapi belum tentu juga kurang gizi, bisa saja penyerapan zat gizinya kurang optimal atau mungkin ada masalah pencernaan," sambungnya.

(ank/rap)
fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!