sign up SIGN UP search


parenting

Bingung Cara Mengasuh Anak Kembar? Simak 5 Tips Berikut Bun

Nanie Wardhani Minggu, 12 Sep 2021 13:11 WIB
Ilustrasi anak kembar caption

Bunda tentu bisa membayangkan seperti apa repotnya mengasuh anak dari mulai baru lahir. Lalu bagaimana dengan yang mengasuh anak kembar? Apakah Bunda merasa khawatir kerepotan itu akan dikalikan dua?

Bunda tidak perlu takut. Tentu saja ada tips-nya untuk mengasuh anak kembar dilansir dari Motherly berikut ini.

1. Mulai persiapkan dari hamil

Periode akhir dari kehamilan kembar bisa menjadi sangat tidak nyaman. Namun selama Bunda bisa berjalan, berenang, dan menggerakkan tubuh, maka lakukan segala hal yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Bunda secara keseluruhan.


Kemudian ketika bayi lahir yang terpenting adalah Bunda bisa mengelola dengan baik. Rachel S., seorang ibu dari anak kembar berusia empat tahun berkata, “Terorganisir adalah tip nomor satu saya. Semakin banyak yang bisa Bunda persiapkan, semakin baik."

Ciptakan sistem untuk mengasuh mereka. Catat semua kegiatan dan beri warna untuk membantu mengingat apa yang sudah dilakukan oleh anak yang mana.

2. Berikan pilihan pada anak

Laren P., ibu dari anak kembar berusia 21 bulan, mengatakan masalah makanan menjadi lebih baik dengan memberi pilihan. Misalnya, anak diberikan pilihan ingin menggunakan garpu atau sendok. Biasanya anak akan merasa bahagia diberi pilihan, terutama jika bisa menggunakan sendok favorit mereka.

3. Pergi berlibur dengan anak kembar: bagaimana caranya?

Bepergian dengan anak-anak membutuhkan hal penting: mengorganisasi. Dengan anak kembar, selain mengorganisasi, juga membutuhkan kesabaran, selera humor, dan beberapa trik khusus.

Trik tersebut salah satunya adalah Bunda bisa memesan popok dan tisu sebelum pergi dan mengirimkannya ke tempat tujuan. Hal ini bisa mengurangi barang bawaan lho.

Kemudian Bunda juga bisa kemas seluruh pakaian dan perlengkapan anak dalam satu tas atau koper sendiri. Siapkan satu tas lainnya berisi makanan ringan untuk keluarga dan Si Kecil. 

Selain tiga tips di atas, simak kelanjutan tiga tips lainnya di halaman berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA PERLU DUKUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!