sign up SIGN UP search


parenting

8 Cara Tingkatkan IQ, Bisa Sekaligus Pantau Kecerdasan Anak Juga Nih Bun

Nanie Wardhani Jumat, 10 Sep 2021 13:04 WIB
Anak main di rumah caption

Jakarta - Kecerdasan anak menjadi hal yang sangat penting bagi banyak orang tua. Itu sebabnya, banyak Bunda yang berupaya seoptimal mungkin untuk meningkatkan kecerdasan para buah hatinya.

Sebelumnya, perlu Bunda ketahui bahwa kecerdasan anak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetis dan asupan nutrisi saja. Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan oleh Si Kecil untuk meningkatkan kecerdasan dan nilai IQ. Tak hanya cerdas, hal itu juga dapat menjadi sarana Bunda dalam memantau kecerdasan anak seiring waktu dan pertambahan usianya.

Apa saja kah kegiatan dan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai IQ dan sekaligus untuk memantau kecerdasan anak? Simak tipsnya, dilansir Healthline berikut ini:


1. Aktivitas memori

Aktivitas memori dapat membantu meningkatkan tidak hanya memori, tetapi juga kemampuan penalaran dan bahasa. Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam studi penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana memori berhubungan dengan bahasa dan pengetahuan objek.

Penalaran dan bahasa sama-sama digunakan sebagai ukuran kecerdasan, artinya kegiatan memori dapat terus mengembangkan kecerdasan.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan memori meliputi:

 

Young parents and toddler daughter playing in sitting roomIlustrasi kegiatan untuk tingkatkan kecerdasan anak/ Foto: iStock

2. Kegiatan pengendalian eksekutif

Pengendalian eksekutif adalah kemampuan untuk mengontrol aktivitas kognitif yang kompleks. Ini adalah bagian dari fungsi eksekutif, yang juga mencakup manajemen dan regulasi eksekutif. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi eksekutif sangat terkait dengan penalaran yang lancar, salah satu aspek kecerdasan manusia.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan pengendalian eksekutif meliputi:

  • Scrabble
  • Pictionary
  • lampu merah, lampu hijau
  • asah otak

3. Kegiatan penalaran visuospasial

Penalaran visuospasial melibatkan proses mental yang berhubungan dengan representasi fisik.

Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa peningkatan penalaran visuospasial menyebabkan peningkatan skor tes IQ. Dalam studi tersebut, memori, dan aktivitas kontrol eksekutif digunakan sebagian untuk membantu meningkatkan penalaran visuospasial peserta.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan visual dan spasial meliputi:

  • labirin
  • kegiatan sudut pandang
  • Model 3-D
  • prisma terbuka

4. Keterampilan relasional

Teori Bingkai Relasional berkaitan dengan perkembangan kognisi dan bahasa manusia melalui asosiasi relasional. Penelitian dari tahun 2011 telah menunjukkan bahwa menggunakan Teori Kerangka Relasional sebagai intervensi dapat secara signifikan meningkatkan kecerdasan pada anak-anak.

Sebuah studi yang lebih baru menggunakan intervensi ini juga menemukan peningkatan IQ, penalaran verbal, dan penalaran numerik.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan relasional meliputi:

  • buku pembelajaran bahasa ("ini adalah ..." dan "itu adalah ...")
  • perbandingan objek (cangkir penuh versus cangkir kosong)
  • perbandingan jumlah (sen versus sepeser pun)

Demikian sebagian dari 8 cara meningkatkan nilai IQ dan memantau kecerdasan anak, simak halaman berikutnya untuk kelanjutan cara meningkatkan IQ lainnya ya, Bunda.

Makanan untuk tingkatkan kecerdasan bayi, Bunda bisa melihatnya dalam video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



 

8 CARA MENINGKATKAN IQ DAN MEMANTAU KECERDASAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!