sign up SIGN UP search


parenting

3 Keutamaan Mengajarkan Surat Al-Ikhlas, Bisa Usir Gundah pada Anak

Tim HaiBunda Minggu, 10 Oct 2021 19:16 WIB
Young Asian Muslim teaching her sister to reading a book caption
Jakarta -

Mengajarkan pendidikan agama merupakan hal yang penting selain mengajarkan mengenai ilmu pengetahuan umum, Bunda. Dengan demikian, anak bisa tumbuh sebagai individu yang cerdas serta kuat imannya.

Mengenalkan agama pada anak dapat dilakukan memakai cara yang sederhana. Misalnya Bunda bisa membiasakan Si Kecil untuk mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an di rumah. Apabila ia sudah terbiasa untuk mendengarkan bacaan Al-Qur'an, mereka pun akan menjadi lebih mudah untuk paham ketika Bunda mengajak mereka membaca kitab suci.

Namun, Bunda bisa memulai dengan bacaan mudah seperti surat Al-Ikhlas.


Banner Crazy Rich LebakFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Bacaan dan Arti Surat Al-Ikhlas

Surat ini tergolong ke dalam surah Makkiyah, terdiri dari empat ayat, dan merupakan surat ke-112 di dalam Al-Qur'an. Pokok isinya adalah tegaskan keesaan Allah SWT serta menolak semua bentuk dari penyekutuan Allah SWT. Berikut adalah bacaan dan arti surat Al-Ikhlas, sebelum membaca, dahului dengan basmallah.

Bismillahirrahmanirrahim.
1. Qul huwallahu ahad.
Katakanlah (Muhammad), 'Dialah Allah, Yang Maha Esa'.

2. Allahu somad.
Allah tempat meminta segala sesuatu.

3. Lam yalid wa lam yụlad.
Tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

4. Wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.
Tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

Keutamaan dari Surat Al-Ikhlas

Surat ini mempunyai arti menegaskan atau memurnikan keesaan dari Allah SWT. Ada cukup banyak keutamaan dari mengamalkan surat ini, seperti:

Jalan menuju surga

Membaca surat Al-Ikhlas sekali setara atau sama dengan baca sepertiga isi Al-Qur'an. Jika istiqamah dalam membaca surat ini setiap kali selesai salat, baik salat fardu maupun salat sunah, maka jalan menuju surga akan dimudahkan.

Memperlancar rezeki dengan membaca surat Al-Ikhlas

Membaca surat ini pun bisa jadi perantara melancarkan rezeki. Caranya membaca dan mengulang surat ini penuh ketekunan sebanyak 1.000 kali. Dengan tujuan untuk memohon pada Allah SWT agar dimudahkan di dalam segala urusan rezeki. Tak hanya bisa dibiasakan oleh Bunda sebagai orang tua, tapi hal ini pun bisa dibiasakan pada anak sejak dini.

Menghilangkan rasa gundah anak sebelum tidur dengan membaca Surat Al-Ikhlas

Apabila si kecil sulit tidur dan merasa gundah di malam hari, Bunda bisa biasakan membaca doa dahulu sebelum tidur. Setelahnya, Bunda bisa mengajak anak untuk membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaaq, surat An-Nass, serta surat Al-Fatihah, kemudian niatkan untuk meminta kepada Allah SWT untuk dapat segera beristirahat dan diberikan ketenangan hati.

Nah, itulah bacaan, arti, serta keutamaan dari surat Al-Ikhlas, yang bisa untuk Bunda ajarkan pada Si Kecil. Mengajarkan anak sejak dini tentang ilmu agama, seperti contohnya mengajarkan berbagai bacaan surat pendek, penting untuk dilakukan agar membentuk anak menjadi pribadi dengan keimanan yang kuat. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Bunda. (PK)

Simak juga video berikut mengenai lima tanaman yang dianggap membawa rezeki dalam Islam.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!