sign up SIGN UP search


parenting

3 Cerita Rakyat Populer Asal Jawa Tengah, Sudah Pernah Bacakan untuk Si Kecil?

Tim HaiBunda Minggu, 03 Oct 2021 15:15 WIB
Pertunjukan seni teater drama musikal kembali digelar di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (7/7) dan Minggu (8/7). Pentas tersebut mengambil tema 'Roro Jonggrang'. File/detikFoto. caption
Jakarta -

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak provinsi dengan ciri khas masing-masing yang sangat beragam. Dalam satu provinsi biasanya akan ada baju, rumah, dan bahasa adat tersendiri. Termasuk adanya cerita rakyat.

Setiap provinsi pasti memiliki cerita rakyatnya sendiri yang biasanya tidak hanya ada satu. Beberapa cerita dari provinsi lain seperti Malin Kundang dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Betawi, dan Legenda Batu Menangis dari Kalimantan.

Provinsi Jawa Tengah juga memiliki banyak cerita rakyat di mana kebanyakan cerita tersebut merupakan asal-usul dari terbentuknya suatu tempat. Nah, berikut ini ada 3 cerita rakyat Jawa Tengah yang sudah terkenal dan sering diceritakan di berbagai kesempatan. Yuk, simak!


Banner Tips Parenting Anak CerdasFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Timun Mas

Siapa yang kenal dengan cerita yang satu ini? Timun Mas dan Raksasa sepertinya sudah menjadi kisah yang sering diceritakan di dalam buku-buku dongeng dan juga dibuatkan film. Kisah ini menceritakan tentang seorang janda tua bernama Mbok Rondo yang sangat ingin punya anak dan akhirnya membuat kesepakatan dengan Raksasa.

Permintaan tersebut dikabulkan di mana Raksasa memberikannya sebuah timun berwarna emas yang bisa melahirkan bayi. Namun, Mbok Rondo harus memberikan bayi tersebut kembali ketika ia sudah menginjak usia 17 tahun.

Apakah akhirnya Mbok Rondo tega memberikan bayi kesayangannya itu kepada raksasa? Ayo, Bun ingat-ingat lagi cerita ini untuk dikisahkan kembali pada Si Kecil.

Jaka Tarub

Jaka Tarub merupakan cerita rakyat yang terkenal dan bahkan diabadikan dalam naskah populer Sastra Jawa Baru berjudul Babad Tanah Jawi. Cerita rakyat ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang mencuri selendang salah satu dari tujuh bidadari kayangan ketika mereka mandi di hutan.

Bidadari yang kehilangan selendangnya pun tidak bisa kembali ke kayangan dan menikah dengan Jaka Tarub. Namun, ketika mereka sudah memiliki anak, terungkaplah bahwa Jaka Tarub adalah seorang pencuri. Bidadari tersebut merasa sedih dan sakit hati. Ia meminta selendang tersebut dikembalikan agar ia bisa kembali ke kayangan.

Roro Jonggrang

Salah satu cerita rakyat Jawa Tengah ini berkisah tentang cinta bertepuk sebelah tangan dari Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang. Kisah ini cukup menyedihkan karena pada akhirnya sang puteri dikutuk menjadi sebuah batu oleh pangeran. Namun dari cerita ini juga memperlihatkan asal-usul terbentuknya Candi Prambanan, Keraton Ratu Baka, dan arca Dewi Durga.

Itulah tiga cerita rakyat yang sangat terkenal dan familiar yang berasal dari Jawa Tengah. Selain ketiga cerita di atas, masih banyak cerita rakyat Jawa Tengah lainnya yang tidak kalah seru untuk disimak. Adakah tambahan cerita rakyat lain yang ingin Bunda ceritakan pada Si Kecil? (PK)

Simak juga video berikut mengenai mendongeng sekaligus membuat ubur-ubur, seru deh!

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!