sign up SIGN UP search


parenting

KPAI Temukan Guru dan Murid Tak Pakai Masker saat PTM, Kok Bisa?

Annisa Karnesyia Senin, 27 Sep 2021 15:24 WIB
empty classroom view caption
Jakarta -

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas menerapkan aturan yang ketat saat belajar di kelas. Salah satunya, guru dan murid wajib mengenakan masker saat PTM berlangsung, Bunda.

Tak hanya itu, murid yang masuk juga dibatasi dan tidak boleh makan atau minum selama di sekolah. Pelaksanaan PTM terbatas harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dari seluruh orang yang terlibat, termasuk tenaga pengajar.

Segala lapisan masyarakat, termasuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga menyoroti pembukaan sekolah yang baru berlangsung beberapa pekan terakhir. Selain kesiapan anak, KPAI menilai bahwa guru pun perlu siap dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama di sekolah.


Sayangnya, baru mulai berjalan, pelaksanaan PTM terbatas harus tercoreng usai ditemukan pelanggaran protokol kesehatan nih. KPAI menerima laporan terkait pelanggaran protokol kesehatan saat PTM dari berbagai daerah.

Banner Journaling Sehatkan Mental

Salah satu yang cukup miris adalah guru dan murid tidak memakai masker saat berada di lingkungan sekolah. Padahal, aturan penggunaan masker termasuk syarat utama pelaksanaan PTM, Bunda.

"Saya menerima pengaduan dari kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Pengaduan berasal dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar dengan disertai foto," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti.

Retno menerima pengaduan ini dari masyarakat melalui pesan di aplikasi WhatsApp miliknya. Ia memaparkan bahwa dalam foto tersebut tampak seorang siswa laki-laki berseragam putih merah sedang diperiksa suhu tubuhnya dengan thermogun oleh seorang guru perempuan. Sang guru terlihat tidak mengenakan masker saat memeriksa anak muridnya.

Retno juga menerima laporan pelanggaran dari sekolah TK. Kali ini, pelanggaran tak hanya dilakukan guru, tapi juga murid-murid yang masih sangat kecil.

Menurut Retno, tindakan ini tak seharusnya dilakukan staf pengajar. Tak cuma berbahaya, guru seharusnya menjadi contoh atau panutan siswa-siswanya agar berperilaku benar, terutama soal kepatuhan protokol kesehatan.

"Ini kan sangat berbahaya," ujar Retno.

Beberapa hari terakhir, banyak kabar beredar tentang dugaan munculnya kluster PTM. Menurut informasi yang beredar di media sosial, kluster ini disebabkan anak sekolah tatap muka.

Lalu bagaimana tanggapan KPAI mengenai PTM yang sudah mulai berjalan ini ya, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 6 cara membujuk anak yang menolak sarapan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!