sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Legenda Danau Toba, Nilai Morilnya Baik untuk Diajarkan untuk Anak

Tim HaiBunda Kamis, 30 Sep 2021 15:15 WIB
A Malay Muslim mother reading a book with her son on a verandah of a Malay traditional house. caption
Jakarta -

Setiap bangsa memiliki cerita legenda masing-masing. Terutama Indonesia yang terdiri dari ribuan suku bangsa. Pada setiap cerita legenda yang ada, selalu terdapat pelajaran yang dapat dipetik terutama untuk disisipkan ke dalam nilai moril anak.

Maka itulah disarankan untuk menggunakan cerita legenda singkat untuk mengantar Si Kecil ke alam mimpi. Waktu menjelang tidur dianggap paling tepat karena sudah tidak ada lagi distraksi dari berbagai pihak. Hanya ada Bunda dan Si Kecil.

Namun, sebelum masuk ke dalam cerita legenda yang direkomendasikan untuk pengantar tidur buah hati, ada baiknya dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan cerita legenda. Cerita legenda adalah cerita rakyat, yang oleh penceritanya diyakini pernah terjadi.


Cara Bersihkan Kipas AnginFoto: Mia Kurnia Sari

Cerita jenis ini biasanya berhubungan dengan asal-usul sebuah tempat. Berikut adalah salah satu cerita legenda yang ada di Indonesia, tepatnya dari Sumatera Utara.

Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir

Syahdan, ada seorang pemuda yang hidup dengan cara bertani dan memancing di tanah kering di utara Pulau Sumatra. Suatu hari seperti biasa, ia memancing dan mendapatkan seekor ikan yang sangat indah berwarna kuning keemasan.

Ketika menyentuhnya, ikan itu berubah menjadi seorang wanita yang cantik jelita. Ia adalah seorang putri yang dikutuk karena melanggar sebuah larangan. Terpesona dengan kecantikan wanita itu, si pemuda memberanikan diri untuk melamarnya.

Lamaran itu diterima dengan satu syarat, bahwa ia tidak akan membuka rahasia bahwa wanita itu sebelumnya adalah seekor ikan. Setelah menyanggupi syarat yang diajukan sang putri, mereka berdua menikah dan dikaruniai seorang anak laki-laki dengan tabiat yang tidak baik bernama Samosir. Ia selalu makan dan makan seolah tidak pernah merasakan kenyang.

Suatu hari si pemuda sedang lelah karena baru pulang dari ladang. Namun, makanan di rumah sudah tidak ada karena dihabiskan oleh Samosir. Merasa marah, si pemuda mengumpat dan menghardik sang anak.

Ia tanpa sengaja berkata dengan lantang, "Dasar anak ikan!". Hardikan tersebut membuka rahasia bahwa istrinya dulunya adalah seekor ikan.

Tiba-tiba langit mendadak mendung dan hujan turun dengan lebatnya. Tidak hanya itu, di tanah bekas pijakan anak si pemuda dan menyembur mata air yang airnya sangat banyak dan tidak berhenti.

Hasil dari air hujan dan mata air itulah yang sekarang menjadi Danau Toba. Sedangkan pulau kecil yang berada di tengah Danau Toba tersebut memiliki nama yang sama dengan anak si pemuda, Pulau Samosir.

Hikmah dan Pelajaran Cerita Danau Toba

Terdapat pelajaran dan hikmah yang bisa diambil dari cerita legenda Indonesia Danau Toba dan Pulau Samosir. Paling utama yang bisa Bunda ajarkan adalah jangan sampai membiarkan kemarahan menguasai diri dan mengatakan sesuatu yang buruk. Selanjutnya adalah pelajaran untuk jangan pernah mengingkari janji yang pernah dibuat.

Begitulah salah satu cerita legenda yang direkomendasikan untuk Bunda menemani jam-jam menjelang tidur Si Kecil. Dengan adanya cerita ini bisa membuat Bunda terikat secara emosional kepada anak sekaligus memiliki quality time bersamanya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara membuat ubur-ubur dari kertas sebagai aktivitas yang seru selama sekolah online.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!