sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Rakyat dari Jawa Tengah: Ada Keong Mas dan Timun Mas

Zika Zakiya Jumat, 09 Jul 2021 19:05 WIB
Ilustrasi anak membaca caption
Jakarta -

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali cerita rakyat yang menarik. Bunda bisa menjadikan cerita rakyat Jawa Tengah sebagai cerita sebelum tidur untuk si Kecil.

Kegiatan berdongeng ini bagus banget lho, Bun untuk meningkatkan bonding dengan si Kecil. Sekaligus jadi sarana pembelajaran anak mengenai pesan-pesan moral yang ditanamkan.

Timun Mas

Cerita rakyat Jawa Tengah yang pertama adalah Timun Mas. Timun Mas merupakan seorang anak perempuan diberikan kepada sepasang suami-istri petani yang sudah tua.


Banner Reaksi Anak UASFoto: Mia Kurnia Sari

Suami istri ini tinggal di desa yang mengarah ke hutan. Suatu hari ada Raksasa yang melewati tempat tinggal mereka dan mendengar doa suami-istri itu yang menginginkan anak. Si Raksasa memberikan mereka biji mentimun untuk ditanam dan nantinya menjadi bayi yang sehat.

Syarat yang diberikan kepada suami-istri itu adalah ketika anak tersebut berusia 17 tahun, mereka harus mengembalikannya. Suami-istri itu pun setuju.

Waktu berjalan dan si bayi tersebut diberi nama Timun Mas. Ketika Timun Mas sudah tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik, Raksasa tersebut menagih janjinya.

Pak Petani berusaha membohongi Raksasa dengan mengatakan bahwa istrinya akan memanggil Timun Mas. Namun ternyata, di saat yang sama, Bu Petani memberikan Timun Mas bungkusan yang terdiri dari empat benda.

Dikatakan Bu Petani bahwa Timun Mas harus melempar barang di dalam bungkusan itu satu persatu ketika melarikan diri dari Raksasa. Timun Mas pun menuruti perkataan itu.

Saat ia dikejar Raksasa, Timun Mas mengeluarkan isi bungkusan pertama berupa biji mentimun. Biji-bijian itu kemudian menjadi ladang timun besar yang menghalangi jalannya Raksasa.

Meski sulit, Raksasa berhasil melewati ladang itu dan kembali mengejar Timun Mas. Maka dikeluarkanlah barang kedua dari bungkusan yaitu jarum. Tak disangka, jarum ini menjadi hutan lebat yang membuat Raksasa terhadang.

Meski begitu, Raksasa masih bisa bangkit. Timun Mas lalu mengeluarkan benda ketiga berupa garam. Wah, ternyata garam itu berubah menjadi lautan nan luas. Hebatnya Si Raksasa masih bisa selamat.

Timun Mas mulai ketakutan dan sambil berdoa melemparkan benda terakhir dalam bungkusannya yaitu terasi. Ternyata benda terakhir ini menjelma jadi lumpur yang pedas sehingga mematikan Si Raksasa.

Timun Mas pun kembali kepada suami-istri petani tadi dan hidup bahagia selama-lamanya.

Simak cerita rakyat selanjutnya yaitu Keong Mas di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



Legenda Keong Mas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi