sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Vaksin Influenza & PCV, Cegah Infeksi Sekunder saat Anak Kena COVID-19

Annisa Karnesyia Selasa, 05 Oct 2021 19:40 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Vaksin COVID-19 untuk anak di bawah 12 tahun belum tersedia di Indonesia. Meski belum divaksin, anak di usia ini tetap perlu mendapatkan perlindungan dari virus dan bakteri penyebab sakit, Bunda.

Selain konsumsi makanan sehat, Si Kecil juga perlu mendapatkan vaksinasi lengkap dari penyakit lain. Beberapa di antaranya yang dianjurkan adalah pemberian vaksin influenza dan pneumococcal conjugate vaccine (PCV).

Kedua jenis vaksin ini ternyata bisa membantu mencegah infeksi sekunder, terutama bagi anak yang sudah terpapar COVID-19. Dokter Spesialis Anak, Lucky Yogasatria, Sp.A, dalam unggahan di Instagram miliknya menjelaskan terkait manfaat kedua vaksin tersebut.


"Vaksin influenza mencegah virus influenza. Vaksin PCV mencegah dari bakteri pneumokokus," kata Lucky, dikutip dari Instagram @dr.lucky.sp.a, Selasa (5/10/21).

"Walau pun kedua vaksin ini tidak bisa mencegah COVID-19, tapi keduanya ini bisa mencegah infeksi sekunder ketika terinfeksi COVID-19," sambungnya.

Menurut Lucky, pemberian vaksin influenza dan PCV aman diberikan ke anak. Bagi anak yang sudah terpapar COVID-19 kedua vaksin tersebut bisa mengurangi gejala sekunder yang memberatkan kondisi, Bunda.

"Kalau terpapar gejala berat atau sekunder bisa berkurang," ujarnya.

Infografis Jadwal ImunisasiInfografis Jadwal Imunisasi/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Pemberian vaksin influenza dan PCV memang masuk dalam jadwal imunisasi yang dikeluarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada akhir tahun lalu. Artinya, Bunda bisa segera membawa Si Kecil ke fasilitas medis terdekat untuk mendapatkan vaksinasi ini ya.

Beda vaksin Inlluenza dan PCV

Vaksin influenza dan PCV tentu berbeda ya, Bunda. Perlu diingat nih, vaksin influenza diberikan untuk mencegah virus influenza.

Mengutip laman IDAI, vaksin influenza dapat diberikan pada anak mulai usia 6 bulan dan diulang setiap tahun. Pada usia 6 bulan sampai 8 tahun imunisasi pertama diberikan 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu. Sedangkan di usia lebih dari 9 tahun, imunisasi pertama 1 dosis.

Baca halaman berikutnya untuk tahu dosis pemberian vaksin PCV untuk anak sesuai jadwal imunisasi IDAI.

Simak juga risiko yang terjadi ketika anak tidak diimunisasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JADWAL VAKSIN PCV UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!