sign up SIGN UP search


parenting

Waspada Bun, Gangguan Sleep Apnea Bisa Sebabkan Masalah Perilaku pada Anak

Ummu Kultsum Roihaanah Senin, 01 Nov 2021 15:50 WIB
Bunda, tidak semua anak memiliki tidur yang berkualitas. Ada beberapa yang mengalami gangguan tidur, seperti sleep apnea. Apakah itu? Simak penjelasannya yuk. caption

Jakarta - Waktu tidur merupakan salah satu kebutuhan penting bagi anak-anak maupun orang dewasa untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas yang telah dilakukan seharian. 

Sayangnya, tidak semua anak memiliki waktu tidur yang benar-benar berkualitas lho Bunda. Salah satu penyebabnya yaitu adanya gangguan tidur. Salah satu gangguan tidur pada anak yang perlu Bunda waspadai yakni sleep apnea

Melansir dari Mayo Clinic, sleep apnea merupakan kondisi saat sebagian pernapasan Si Kecil atau secara keseluruhan tersumbat secara berulang kali selama tidur. 


Penyebab umum dari masalah pernapasan ini adalah terjadi pembesaran amandel dan kelenjar gondok, yang ditemukan di bagian atas tenggorokan. Penyebab lainnya yaitu termasuk obesitas, kelainan bentuk tengkorak dan wajah, serta ketidakmampuan otak untuk mengontrol pernapasan.

Anak-anak yang mendengkur atau mengalami sleep apnea lebih mungkin untuk mengalami adanya masalah perilaku daripada anak-anak yang bernapas normal saat tidur.

Banner Cara Atasi WC mampetBanner Cara Atasi WC mampet/ Foto: HaiBunda/Mia

Melansir dari Live Science, sebuah studi yang telah meneliti lebih dari 11.000 anak selama enam tahun menemukan saat tidur, anak-anak dengan masalah pernapasan 40 persen lebih mungkin mengalami adanya masalah perilaku, seperti hiperaktif dan agresif pada usia 7 tahun.

Masalah pernapasan yang dapat terjadi saat tidur antara lain sering mendengkur, napas dengan mulut terbuka, dan sleep apnea.

"Ini adalah bukti terkuat hingga saat ini bahwa mendengkur, pernapasan mulut, dan apnea dapat memiliki konsekuensi perilaku dan sosial-emosional yang serius bagi anak-anak," kata ketua peneliti Karen Bonuck, seorang ahli kedokteran keluarga di Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University di New York.

"Orang tua dan dokter anak sama-sama harus lebih memperhatikan gangguan pernapasan saat tidur pada anak kecil, mungkin sejak tahun pertama kehidupan," sambungnya.

Menurut American Academy of Otolaryngology Head dan Neck Surgery, sekitar 1 dari 10 anak mendengkur secara teratur, dan 2 hingga 4 persen mengalami sleep apnea. Masalah pernapasan paling sering terjadi pada anak-anak berusia antara 2 dan 6 tahun, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak yang lebih kecil.

Simak video tentang 2 cara membangunkan anak yang malas bangun pagi untuk berangkat sekolah di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



KENALI GEJALA SLEEP APNEA PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!