sign up SIGN UP search


parenting

6 Obat Sariawan Anak dari Alam, Mulai dari Kunyit hingga Lidah Buaya

Tim HaiBunda Selasa, 09 Nov 2021 20:10 WIB
cute little girl get cold and feel vomit, asian caption
Jakarta -

Sariawan dapat terjadi ke anak-anak karena alasan yang beragam. Mulai dari terluka, stres, kekurangan mineral dan vitamin, hingga karena alergi.

Bunda bisa mencoba memberikan beberapa obat sariawan anak dari bahan alami untuk mengatasinya. Berikut sejumlah obat alami untuk sariawan yang dialami Si Kecil:

1. Kunyit

Bunda bisa memakai kunyit menjadi obat sariawan untuk anak. Kunyit mempunyai banyak kandungan di dalamnya yang bisa untuk menyembuhkan sariawan. Kandungan-kandungan tersebut seperti anti-septik, anti-inflamasi, serta anti-bakteri. Bunda bisa gabungkan obat sariawan ini dengan madu supaya lebih enak saat diaplikasikan.


Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Foto: HaiBunda/Mia

2. Kelapa

Bunda bisa menggunakan kelapa menjadi obat sariawan anak selanjutnya yang efektif. Caranya dengan memberikan air kelapa pada Si Kecil untuk diminum atau dalam wujud santan agar digunakan mereka untuk berkumur.

Jika tidak ada kelapa, Bunda pun bisa memakai minyak kelapa untuk mengobati sariawan pada anak. Namun, Bunda perlu tahu untuk tidak memberikan minyak kelapa pada anak yang usianya masih di bawah satu tahun.

3. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami lainnya yang dapat dipakai menjadi obat sariawan pada anak. Selain dapat mengobati sariawan, kandungan anti-bakteri di dalam lidah buaya pun efektif untuk menjaga kesehatan gusi.

Bunda juga bisa memakai lidah buaya dengan bentuk gel. Campurkan gel lidah buaya dengan air dingin lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Bunda bisa memberikan obat ini sebanyak tiga kali dalam sehari supaya hasil maksimal.

4. Garam

Selain dapat berkumur dengan air lidah buaya, Bunda juga bisa memberikan larutan garam untuk mengobati sariawan anak. Bunda bisa ganti garam dengan baking soda juga. Pastikan jika anak Bunda tak menelan campuran ini ya karena bisa membahayakan kesehatan.

5. Madu

Salah satu manfaat dari madu adalah menjadi obat sariawan yang alami dan cukup ampuh. Caranya, Bunda hanya perlu untuk mengoleskan madu pada bibir yang sariawan. Madu sendiri mempunyai sifat anti-radang serta anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat pemulihan sariawan.

6. Es batu

Supaya sariawan cepat sembuh dan kempis, Bunda bisa mencoba mengompres area bibir sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut. Rasa sejuk dari es batu dapat menjadi obat sariawan alami karena membantu meringankan rasa nyeri. Untuk anak yang lebih besar, Bunda bisa meminta mereka untuk mengulum es batu, terutama jika bagian sariawan di lidah, hingga es mencair.

Itulah enam obat sariawan anak alami yang bisa Bunda coba. Namun, jika Bunda masih ragu dengan obat-obat alami di atas, Bunda bisa coba diskusikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai masker alami yang bisa gunakan selama di rumah aja.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!