sign up SIGN UP search


parenting

Cara Tepat Membersihkan Alat Kelamin Bayi Baru Lahir, Mudah Kok Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 10 Nov 2021 08:37 WIB
bayi baru lahir Cara Mudah Membersihkan Alat Kelamin Bayi Baru Lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kaew6566
Jakarta -

Perawatan bayi baru lahir bisa sedikit berbeda dibandingkan anak berusia lebih dewasa. Tak terkecuali perawatan alat kelaminnya ya, Bunda.

Dilansir Kids Health, alat kelamin atau organ seksual pada bayi laki-laki dan perempuan mungkin tampak relatif besar atau bengkak saat lahir. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, seperti hormon yang diproduksi oleh Bunda dan janin, memar dan pembengkakan pada jaringan genital yang terkait dengan trauma kelahiran, serta perkembangan alami alat kelamin.

Pada bayi perempuan, bibir luar vagina (labia majora) mungkin tampak bengkak saat lahir. Kulit labia mungkin halus atau agak berkerut.


Terkadang, tampak jaringan merah muda kecil yang menonjol di antara labia. Ini adalah hal normal dan biasanya akan hilang saat organ seksual tumbuh.

Banner Manfaat Air Mawar\/ Foto: HaiBunda/Mia

Perkembangan organ seksual telah dimulai saat bayi lahir. Artinya, perawatan perlu dilakukan untuk mencegah masalah di area ini, Bunda.

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr.Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A, alat kelamin bayi baru lahir memang perlu rutin dibersihkan. Sebab, ada lemak yang masih menempel di organ intim bayi setelah lahir.

"Itu memang penting karena biasanya pada bayi baru lahir, lemak itu masih menempel di organ kelaminnya. Jadi sangat penting untuk dibersihkan," ujar Melisa saat dihubungi HaiBunda, Senin (8/11/21).

Tujuan membersihkan alat kelamin adalah untuk mencegah infeksi saluran kencing pada bayi, Bunda. Kalau Si Kecil mengalami infeksi, nafsu makannya bisa berkurang dan memengaruhi berat badannya lho.

Cara membersihkan alat kelamin bayi baru lahir mudah dilakukan kok. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga rata-rata berat badan normal bayi baru lahir, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
CARA MEMBERSIHKAN ALAT KELAMIN PEREMPUAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!