sign up SIGN UP search


parenting

Rilis Permendikbud no 30 di Hari Ayah, Nadiem Makarim Tulis Surat Menyentuh untuk 3 Putrinya

Annisa A Minggu, 14 Nov 2021 22:00 WIB
Nadiem Makarim caption
Jakarta -

Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menulis sebuah surat untuk ketiga putrinya pada Hari Ayah yang jatuh pada 12 November lalu.

Nadiem Makarim mencurahkan isi hatinya sebagai ayah sekaligus pejabat negara dalam surat tersebut. Ia mengunggah foto sebuah gambar anak-anak lewat akun Instagram @nadiemmakarim.

"Surat untuk ketiga puteri saya," tulis Nadiem Makarim di keterangan foto.


"Halo tiga putriku! Kalian belum bisa baca ini sekarang karena masih kecil, tapi harapan Dada dalam beberapa tahun kalian akan bisa mengerti," sapa Nadiem di awal suratnya.

Pada Hari Ayah, Nadiem Makarim mengaku sudah mempersiapkan hadiah untuk ketiga buah hatinya yang masih kecil. Pria berusia 37 tahun itu menyebut hadiahnya sebagai suatu keberanian.

Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Nadiem Makarim kemudian menjelaskan, keberanian yang dimaksud adalah keberanian untuk melawan para pelaku kekerasan seksual di lingkungan kampus, Bunda.

"Hari ini hari Ayah. Tanpa sepengetahuan kalian, kalian memberikan Dada suatu hadiah yang luar biasa. Hadiah itu adalah keberanian. Keberanian untuk melawan pelaku-pelaku kekerasan seksual di kampus," ucap Nadiem.

Rupanya, Nadiem Makarim dan jajaran Kementerian Kebudayaan Ristek dan Teknologi meluncurkan sebuah peraturan terbaru untuk mengatasi kasus kekerasan seksual di perguruan tinggi.

"Di hari Ayah ini, Permendikbud Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi diluncurkan. Tanpa kalian yang selalu di hati Dada, tanpa ketakutan atas ancaman yang mungkin kalian hadapi saat kalian berkuliah, mungkin langkah besar ini tidak akan terjadi," tuturnya.

Menurut Nadiem, perjuangan untuk meluncurkan aturan baru tersebut bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, ia berharap agar ketika putrinya dewasa nanti, mereka akan selalu melakukan hal yang baik dan benar, terlepas dari segala kesulitan yang dihadapi.

"Ingat prinsip itu. Jangan pernah menghindari kesulitan. Tidak ada satupun hal yang bermakna di dunia ini merupakan hal yang mudah," pesan Nadiem.

Memberikan hadiah yang tidak biasa untuk anak pada Hari Ayah, Nadiem Makarim punya alasan dirinya memberikan hadiah tersebut untuk sang anak. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang curhat para ayah di Hari Ayah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

HADIAH SARAT MAKNA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!