sign up SIGN UP search


parenting

Gaya Parenting Bisa Pengaruhi Popularitas Anak di Masa Depan Lho Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 23 Nov 2021 12:36 WIB
Aktivitas Anak Gaya Parenting Bisa Pengaruhi Popularitas Anak di Masa Depan Lho Bun/ Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang tua memiliki gaya parenting berbeda dalam membesarkan anak-anaknya. Gaya parenting ini ternyata bisa memengaruhi tumbuh kembang anak di masa depan lho, Bunda.

Psikolog klinis anak dari University of North Carolina di Chapel Hill, Dr. Mitch Prinstein, menemukan bahwa gaya parenting orang tua dapat memengaruhi popularitas anaknya di masa depan. Prinstein menjelaskan, kaitan ini dipengaruhi langsung lingkungan tempat tumbuh dan sikap orang tua pada anaknya.

"Salah satu faktor yang bisa memprediksi siapa yang akan populer atau tidak, yakni apakah anak dibesarkan di lingkungan yang agresif," kata Prinstein, dilansir Good Housekeeping.


Ada dua tipe popularitas yang dijelaskan Prinstein. , popularitas pertama berkaitan dengan reputasi sosial (status) dan kedua adalah preferensi sosial (disukai).

Status menempatkan anak-anak pada risiko yang lebih tinggi untuk menjadi sangat tergantung pada orang lain, menimbulkan perilaku berisiko, masalah hubungan dan ketidakbahagiaan. Sedangkan, rasa ingin disukai menciptakan umpan balik positif dengan orang-orang dan biasanya anak ingin diperlakukan lebih baik. Hal ini juga membuat mereka lebih optimis dan disukai sekitarnya.

Kedua popularitas ini dapat dipengaruhi pola asuh orang tua secara langsung dan tidak langsung, Bunda. Nah, berikut penjelasan tentang pengaruh orang tua pada popularitas anaknya di masa depan, menurut Prinstein seperti mengutip Insider:

1. Pengalaman masa kecil orang tua memengaruhi popularitas anaknya

Studi menemukan bahwa ibu yang mengingat kebahagiaan masa kecil, cenderung memiliki anak yang populer. Mereka yang mengingat masa kecil dengan hal buruk, seperti permusuhan akan cenderung memiliki anak yang tidak populer.

Sedangkan mereka yang mengingat kesepian atau kecemasan di masa kecil, cenderung memiliki anak dengan popularitas rata-rata atau tinggi. Kelompok pertama dan terakhir sama-sama peduli dengan interaksi sosial anak-anak mereka, sementara mereka yang tumbuh dalam lingkungan permusuhan tidak terlalu menghargai hubungan anak-anak mereka.

Simak juga 7 tips parenting untuk anak generasi alpha, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KEDEKATAN ORANG TUA DENGAN ANAK PENGARUHI POPULARITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!