sign up SIGN UP search


parenting

Memotivasi Si Kecil Belajar dengan Menceritakan Biografi Albert Einstein

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 16 Dec 2021 11:01 WIB
Little professor solving math problem on blackboard caption

Albert Einstein adalah ilmuwan fisika teoritis yang dipandang luas sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan juga sangat populer di abad ke-20. Albert mengemukakan teori relativitas dan banyak menyumbang pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan juga kosmologi.

Bunda bisa memperkenalkan mengenai Albert Einstein kepada Si Kecil dengan menceritakan secara singkat mengenai Albert Einstein dari biografinya. Mungkin dengan diceritakan mengenai biografi Albert Einstein, Si Kecil bisa termotivasi untuk mengembangkan diri dan berkarya besar seperti Albert Einstein, Bunda.

Berikut biografi Albert Einstein, dilansir dari Nobel Lectures.


Untuk Bunda ketahui Albert Einstein lahir di Ulm, Württemberg, Jerman, pada 14 Maret 1879. Enam pekan setelah kelahirannya, keluarga Einstein pindah ke Munich.

Di tempat inilah, Einstein bersekolah di Luitpold Gymnasium. Meski demikian, keluarga Einstein tak selamanya menetap di Jerman.

Mereka diketahui pindah ke Italia. Einstein pun melanjutkan pendidikannya di Aarau, Swiss. Kemudian pada tahun 1896, ia masuk Swiss Federal Polytechnic School di Zurich.

Di tempat tersebut, Einstein muda dididik sebagai guru fisika dan matematika. Einstein lulus dan mengantongi diploma pada tahun 1901. Pada saat yang sama, ia juga mendapatkan kewarganegaraan Swiss.

Meski demikian, Einstein tidak langsung mendapatkan pekerjaan yang cocok. Einstein justru diterima bekerja sebagai asisten teknis di Swiss Patent Office.

Meski sibuk bekerja, Einstein rupanya tidak lupa dengan pendidikannya. Ia berhasil memperoleh gelar doktor pada tahun 1905.

Di waktu luangnya saat bekerja di Swiss Patent Office, Einstein berhasil menghasilkan sejumlah karya luar biasa. Bahkan, pada 1908, ia ditunjuk sebagai Privatdozent di Berne.

Kesuksesannya tak hanya sampai di situ Bunda. Pada tahun-tahun berikutnya, ia menjabat sejumlah posisi prestisius.

Dimulai dari tahun 1909, di mana Einsten ditunjuk sebagai Professor Extraordinary di Zurich. Kemudian lanjut sebagai Professor of Theoretical Physics di Prague pada tahun 1911.

Setelah itu, Einsten kembali ke Zurich untuk menempati posisi yang sama. Tak lama kemudian, Einstein kembali pindah ke Jerman.

Di sana, ia ditunjuk sebagai Direktur Kaiser Wilhelm Physical Institute dan Professor di University of Berlin. Einstein kemudian berpindah kewarganegaraan Jerman pada tahun 1914.

Ia menetap di Berlin selama kurang lebih 22 tahun. Namun pada tahun 1933, Einstein memutuskan melepas kewarganegaraannya karena alasan politik.

Ia kemudian beremigrasi ke Amerika Serikat, Bunda. Di Negara Paman Sam ini, Einstein menjabat sebagai Professor of Theoretical Physics di Princeton.

Setelah melepas kewarganegaraan Jerman, Einstein pun resmi menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1940. Lima tahun kemudian, Einstein pensiun.

Selama hidupnya, Einsten pernah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya adalah dengan Mileva Maric pada tahun 1903.

Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai satu anak perempuan dan dua anak laki-laki. Meski demikian pernikahan mereka kandas pada tahun 1919.

Pada tahun yang sama, Einstein menikahi sepupunya bernama Elsa Löwenthal. Elsa diketahui meninggal terlebih dahulu di tahun 1936. Sementara Einstein tutup usia di Princeton, New Jersey, pada 18 April 1955.

Teori relativitas

Selain menduduki berbagai jabatan prestisius, Einstein juga telah menerbitkan banyak makalah ilmiah dan nonilmiah, hingga buku yang luar biasa sepanjang hidupnya.

Karya-karya Einstein yang dikenal masyarakat luas antara lain Special Theory of Relativity, Relativity, General Theory of Relativity, Investigations on Theory of Brownian Movement, dan The Evolution of Physics.

Awalnya Einstein memiliki pendapat bahwa mekanika Newton tak lagi mampu menyatukan hukum mekanika klasik dengan hukum medan elektromagnetik. Hal tersebut mendorong Einstein mengembangkan teori relativitas khusus.

Namun tak sampai di situ, Einstein yang dikenal genius ini menyadari bahwa cakupan teori relativitas dapat diperluas pada medan gravitasi. Di tahun 1916, Einstein pun kemudian menerbitkan makalah tentang relativitas umum dengan teorinya mengenai gravitasi.

Demikian biografi singkat Albert Einstein. Bunda bisa meracik rincian biografi tadi menjadi bentuk cerita, yang kemudian dapat dengan mudah Bunda ceritakan kepada Si Kecil.

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!