sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Alasan Mengapa Bayi Sangat Menyukai Bermain Cilukba

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 10:31 WIB
Peekaboo. Cheerful daddy playing with cute baby son in kitchen interior, empty space Ilustrasi bermain cilukba/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Jakarta - Cilukba mungkin merupakan permainan sederhana yang bisa dimainkan oleh setiap orang tua dengan Si Kecil di mana saja dan kapan saja. Meskipun simpel, nyatanya permainan cilukba atau peekaboo selalu berhasil membuat Si Kecil tertawa dan merasa senang.

Tetapi, tahukah Bunda? Selain menyenangkan, permainan ini memiliki banyak manfaat lho bagi perkembangan anak. Faktanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa permainan cilukba mampu meningkatkan perkembangan otak Si Kecil.

Tak hanya dapat menilai dan mengingat dengan baik, tetapi Si Kecil juga siap untuk proses menjadi lebih mandiri sejak usia 9 bulan dan seterusnya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, simak berikut ini, ya Bunda.


Mengapa bayi menyukai permainan cilukba?

Salah satu teori menunjukkan bahwa bayi terkejut ketika sesuatu muncul kembali setelah tidak terlihat selama beberapa waktu. Walaupun ini mungkin tidak terasa lucu bagi Bunda, tetapi gelak tawa yang dikeluarkan Si Kecil pastinya akan membuat Bunda ikut tertawa.

 “Mereka berinteraksi dengan wajah bahagia dan itu adalah permainan bagi mereka, orang menghilang dan segera muncul kembali, dan mereka pikir itu lucu,” kata Dr Danelle Fisher, dokter anak dan wakil ketua pediatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, dikutip dari Romper.

Hal tersebut berkaitan dengan prinsip keabadian objek. Pada usia sekitar 6 bulan, Si Kecil mulai menyadari bahwa hal-hal yang hilang belum tentu hilang selamanya.

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

“Keabadian objek adalah konsep bahwa sesuatu yang tidak terlihat atau tertutup, masih ada, meskipun mereka tidak dapat melihatnya. Inilah sebabnya mengapa permainan cilukba menyenangkan bagi mereka, dan membantu merangsang otak mereka. Mereka mulai belajar bahwa ketika sesuatu menghilang, itu masih bisa ada, tetapi bersembunyi,” kata Gina Ponser, dokter anak di Memorial Care Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California, dikutip dari Romper.

Tak hanya itu, permainan klasik ini juga merangsang indra bayi, membantu keterampilan motorik kasar mereka, memperkuat pelacakan visual mereka, mendorong perkembangan sosial, dan menggelitik selera humor mereka.

Kecerdasan Si Kecil terus berkembang dan sangat menyenangkan untuk mengamatinya terjadi. Bayi suka permainan cilukba juga karena mereka mulai belajar bahwa ketika sesuatu yang menghilang, itu tidak berarti hilang, dan ada unsur kejutan dan itu merangsang otak mereka.

Lalu, apa saja manfaat bermain dalam perkembangan anak? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang manfaat memancing untuk pertumbuhan anak di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT BERMAIN BAGI PERKEMBANGAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!