sign up SIGN UP search


parenting

3 Peribahasa Jawa Bermakna Mendalam untuk Bunda & Si Kecil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 11:24 WIB
A Muslim mother and her daughter are indoors in their living room. The mother is wearing a head scarf. They are sitting on the carpet and reading a storybook together. Ilustrasi peribahasa jawa/Foto: iStock
Jakarta -

Menjadi orang tua memang menyenangkan rasanya karena dapat melihat pertumbuhan anak serta belajar hal-hal baru dalam mengurus dan merawat anak. Namun, sebagai orang tua juga perlu melindungi dan memastikan kebutuhan anak dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, orang tua bertanggung jawab pada anak untuk mendidik contohnya adalah seperti memberikan pendidikan untuk karakter dan menanamkan nilai-nilai budi pekerti sejak anak masih berusia dini. Memang terasa berat, namun orang tua bisa mulai dengan mengajarkan pendidikan karakter dan budi pekerti lewat peribahasa jawa yang sangat bermakna.

Berikut ini adalah peribahasa Jawa dan artinya yang bisa orang tua ajarkan kepada Si Kecil. Maknanya mendalam, Bun sehingga bisa menjadi semacam pegangan untuk Bunda dan keluarga untuk menerapkannya dalam kehidupan.


Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarFoto: HaiBunda/Mia

1. Anak Polah, Bapak Kepradah

Peribahasa ini jika dalam bahasa Indonesianya adalah, "Anak meminta, Bapak meluluskannya". Dan, untuk arti dari peribahasa ini sendiri adalah seperti sebuah peringatan bagi orang tua untuk selalu bertanggung jawab terhadap kehidupan dari anak-anaknya.

Di mana, sebagai orang tua harus bisa mempertimbangkan dengan cermat permintaan yang diajukan oleh anak. Segala keinginan itu harus dipikirkan lebih dulu baik dan buruknya, apa manfaatnya, hingga akhirnya memenuhi permintaan anak. Tujuan dari pemikiran ini adalah agar tidak muncul permasalahan dalam keluarga. Selain itu, arti dari peribahasa in juga bisa orang tua ikut menanggung akibat dari perbuatan anaknya yang tidak baik jadi diharapkan anak dapat berhati-hati.

2. Dumadining Sira Iku Lantaran Anane Bapa Biyung Ira

Dalam bahasa Indonesianya, peribahasa ini memiliki arti, "Muliakanlah orang tua." Peribahasa Jawa ini mengajarkan bahwa sebagai anak harus menghormati orang tua karena secara tidak langsung orang tua yang membawa anak ke dunia ini.

Dengan diajarkannya peribahasa ini, anak diharapkan dapat lebih berlaku sopan dan berbakti kepada orang tua. Anak juga diingatkan untuk memperlakukan orang tua secara lembut dan penuh kasih sayang.

3. Kebo Kabotan Sungu

Peribahasa Jawa dan artinya yang satu ini lebih menjelaskan tentang orang yang susah bersyukur karena banyaknya beban hidup. Padahal, semua cobaan yang dialami dalam hidup pada dasarnya merupakan ujian dari Tuhan. Bagi orang yang tidak bijak, ujian yang diberikan akan dilihat sebagai kesulitan dan menjadi beban hidup, sedangkan yang bertabiat baik justru akan bersyukur ketika diberikan ujian.

Itulah beberapa peribahasa Jawa yang bisa Bunda dan Si Kecil terapkan dalam kehidupan karena memiliki makna yang sangat dalam. Selain itu, dengan mengenalkan peribahasa ini juga dapat termasuk ke dalam mengajarkan budi pekerti kepada mereka karena mengajarkan bagaimana menjalani hidup yang baik dan bersikap kepada orang lain. (PK)

Simak juga video berikut mengenai keseruan keluarga Irfan Bachdim:

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!