sign up SIGN UP search


parenting

Tips Memilih Obat Sakit Perut Anak: Awas Salah Pilih, Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 15:23 WIB
Anak sakit perut Ilustrasi obat sakit perut anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi
Jakarta -

Sakit perut pada anak akan membuat aktivitasnya berkurang. Hal ini karena sakit perut akan mengganggu konsentrasi dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Untuk itu Bunda harus mengenali gejala yang dirasakan oleh Si Kecil agarĀ obat sakit perut anak yang nantinya akan dibeli sesuai dengan keluhannya. Adapun tips untuk memberi obat sakit perut anak di antaranya;


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

Tips memberi obat sakit perut anak:

1. Memilih sesuai kebutuhan keluhannya

Untuk saat ini obat sakit perut yang diproduksi secara masal sudah bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Namun secara umum, ada dua cara kerja dari obat tersebut. Pertama, ada obat yang membantu untuk membuat lunak feses sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan. Kedua, obat akan merangsang bagian usus agar bisa mendorong feses keluar.

Bunda harus bijak memilih obat yang tepat untuk sakit perut yang diderita Si Kecil. Pemilihan obat ini agar anak merasa lebih aman, nyaman, dan pulih.

2. Dosis sesuai

Sebelum memberikan obat untuk anak, pastikan dosis yang diberikan sesuai. Bunda juga bisa memberikan obatĀ ini sesuai dengan resep dokter. Jangan sampai salah dosis dan membuat sakit Si Kecil jadi makin tidak terkendali.

Obat Sakit Perut Anak untuk Segala Gangguan Pencernaan

Keluhan sakit perut tidak hanya karena sembelit atau diare. Masih banyak gangguan pencernaan yang bisa menyakitkan bagi Si Kecil. Untuk itu Bunda disarankan untuk selalu menyediakan suplemen probiotik. Pada umumnya suplemen ini akan membantu untuk meredakan segala gangguan pencernaan seperti radang usus, maag, iritasi usus besar, dan keluhan tukak lambung.

Suplemen ini akan bekerja dengan cara mengganti bakteri baik yang tadinya hilang dan menyeimbangkannya. Ini bertujuan supaya pencernaan bisa menjadi lebih baik dan berfungsi seperti biasanya. Dengan menggunakan probiotik, makanan dan minuman yang dicerna oleh anak menjadi lebih lancar.

Cara menggunakan suplemen ini juga sangat gampang. Bisa diminum sebelum atau sesudah makan atau bisa juga dicampurkan pada makan atau minuman Si Kecil.

Obat untuk meredakan diare anak

Jajan sembarangan bisa membuat anak keracunan dan mengalami diare. Gangguan pencernaan ini bisa membuat anak muntah dan kekurangan cairan. Kalau gejala ini muncul, coba Bunda berikan oralit. Obat ini bisa membantu untuk mengganti cairan yang hilang. Kalau dengan obat ini diare yang diderita belum mereda, ada baiknya segera bawa ke dokter supaya diberikan obat yang lebih cocok.

Beberapa gangguan pencernaan dan pemilihan obat sakit perut anak di atas bisa Bunda gunakan sebagai panduan apabila Si Kecil mengalami gejala sakit perut. Pastikan memilih obat yang tepat dan konsultasikan dengan dokter terkait. (PK)

Simak juga video berikut mengenai daftar obat yang wajib dibawa saat anak dalam perjalanan jauh.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!