sign up SIGN UP search


parenting

7 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak, Pastikan Selalu ada di Rumah

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 18:00 WIB
Anak sakit perut 7 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak, Pastikan Selalu ada di Rumah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi
Jakarta -

Sakit perut kerap menjadi alasan anak rewel dan tiba-tiba lemas. Biasanya, kondisi ini dialami oleh anak usia 4 sampai 8 tahun, Bunda.

Kebanyakan kasus sakit perut pada anak tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus, sakit perut bisa menjadi masalah serius dan perlu penanganan yang tepat tergantung pada gejala yang dialami.

Ada beberapa penyebab anak sakit perut lho. Beberapa di antaranya adalah alergi susu, masalah pencernaan, infeksi saluran kemih (ISK), stres, hingga cedera pada perut.


Saat anak sakit perut, mungkin ia akan terlihat meringkuk kesakitan, menangis tanpa henti, atau membuat raut wajah kesakitan. Bunda perlu segera memberikan pertolongan untuk meredakan gejalanya.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan anak obat sakit perut nih. Alih-alih memberikan obat medis, Bunda dapat meredakan sakit perut dengan obat alami lho.

Ilustrasi anak sakit perutIlustrasi anak sakit perut/ Foto: iStock

Obat sakit perut alami

Berikut telah HaiBunda rangkum, 7 obat sakit perut alami untuk anak yang mudah didapat:

1. Jahe

Jahe memiliki gingerol, yakni antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas. Rempah alami ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menetralkan asam lambung, mengurangi mual, dan rasa tidak nyaman di perut.

Bunda dapat menyajikan jahe dengan diseduh air panas. Supaya rasanya lebih manis, Bunda bisa menambahkan madu.

2. Yoghurt

Yoghurt secara efektif mampu menjadi obat sakit perut anak lho, Bunda. Terutama yang disertai diare.

Bakteri 'baik' dalam yogurt hidup di usus untuk membantu kerja sistem pencernaan. Bakteri baik ini bekerja dengan cara mengatur keseimbangan flora di dalam usus.

3. Teh chamomile

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi. Teh dari tanaman ini juga dapat menenangkan perut karena ketidaknyamanan di sistem pencernaan.

Chamomile secara alami bisa melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, mengurangi kontraksi berlebihan, serta membantu meredakan sakit perut anak. Bunda dapat menyajikannya menjadi teh herbal.

4. Teh peppermint

Sama seperti chamomile, peppermint telah terbukti memiliki efek menenangkan pada otot perut. Sediaan dalam bentuk teh juga bisa menyegarkan tubuh Si Kecil, Bunda.

Secara ilmiah, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu, yang digunakan tubuh untuk pencernaan. Bunda dapat menyajikan teh peppermint ini saat anak mulai menunjukkan gejala sakit perut ya.

5. Kompres hangat

Menempatkan kain atau botol berisi air panas di perut Si Kecil saat duduk atau berbaring bisa mengurangi sakit perutnya, Bunda. Suhu panas tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, sehingga mengurangi persepsi nyeri yang datang dari dalam perut.

6. Buah pepaya

Buah pepaya dapat diberikan ke anak untuk meredakan sakit perut yang dialaminya. Buah ini cocok untuk mengatasi sakit perut akibat susah buang air besar (BAB), Bunda.

Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut dapat memecah protein dan menurunkan tingkat keasaman dalam perut.

7. Air mineral

Air mineral memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, termasuk dalam meredakan sakit perut. Air mineral bekerja dengan cara menenangkan saraf yang sakit di perut anak, sehingga rasa sakit berkurang.

Air mineral juga dapat menggantikan cairan yang hilang karena sakit perut akibat diare, Bunda. Bila muncul keluhan sakit perut, Bunda sebaiknya segera Si Kecil air mineral ya.

Nah, lebih baik lagi pilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale. Tak hanya itu saja, Le Minerale juga terjamin lebih bersih dan higienis karena menggunakan galon yang selalu baru. Jadi, bukan galon bekas yang dicuci ulang nih, Bunda. Galon beningnya juga membuat kita merasa aman.

Selain itu, kualitas dan kebersihan air mineral juga terjamin karena tutup Galon rapat dan kedap udara. Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu, kotoran, dan cemaran virus tentunya.

Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat mulai sekarang!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 pertolongan pertama atasi anak demam usai vaksin, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!