sign up SIGN UP search


parenting

7 Obat Sakit Perut Tradisional untuk Anak, Coba Pijat Kakinya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 20:01 WIB
Anak sakit perut caption

Jakarta - Sakit perut tentunya pernah terjadi pada setiap kalangan, termasuk anak-anak. Anak-anak rentan mengalami sakit perut ini karena mereka cenderung makan apa saja. Namun, ada beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan sakit perut pada anak lho, Bunda.

Jika Bunda pernah mengalami tidak bisa tidur semalaman karena Si Kecil mengeluh sakit perut, sekarang tidak perlu khawatir. Tidak hanya mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter saja untuk meredakan nyeri pada perut Si Kecil. Namun, Bunda bisa mengonsumsi berbagai macam obat tradisional juga untuk menghilangkan sakit perut pada anak.

Ada beberapa pengobatan tradisional yang dapat Bunda coba. Ada banyak pengobatan alami yang efektif untuk sakit perut yang dapat memberikan bantuan untuk Bunda juga dalam waktu yang cukup singkat.


Lalu, apa saja obat tradisional yang bisa menyembuhkan Si Kecil dari sakit perut? Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Minum jahe

Teh jahe segar sangat baik diberikan kepada Si Kecil yang sedang sakit perut karena mengandung banyak jahe dan lebih sehat. Kandungan utama jahe adalah gingerol, antioksidan kuat yang membantu mengurangi produksi radikal bebas dan potensi kerusakannya pada tubuh.

Bahan ini juga dapat mengurangi mual dan ketidaknyamanan. Serta, sifat anti-inflamsi jahe meningkatkan cairan pencernaan dan menetralkan asam lambung.

Banner Cerita Fabel SederhanaCerita Fabel Sederhana/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

2. Teh herbal

Teh peppermint juga menyegarkan dan dapat meredakan sakit perut pada anak. “Peppermint telah terbukti memiliki efek menenangkan pada otot perut,” kata William Sears, MD, dikutip dari laman Parents.

Menurut University of Maryland Medical Center, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu, yang digunakan tubuh untuk pencernaan. Jika Si Kecil menolak untuk minum teh, permen peppermint juga dapat menenangkan perutnya, lho Bunda. Namun, perlu diingat bahwa Bunda perlu menghindari memberikan permen ini kepada bayi atau anak kecil karena dapat menyebabkan tersedak.

3. Dengan botol air panas

Menempatkan botol air panas atau bantal pemanas di perut Si Kecil saat mereka duduk atau berbaring akan mengurangi rasa sakitnya. “Panas meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit yang datang dari perut bagian dalam,” kata Robyn Strosaker, MD, dokter anak di Rainbow Babies & Childern’s Hospital di Cleceland.

Apalagi obat untuk anak sakit perut? Simak di halaman selanjutnya ya!

Bunda, penting juga nih menyimak obat demam untuk anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



GOSOK KAKI HINGGA DORONG SI KECIL BERGERAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!