sign up SIGN UP search


parenting

Muntah pada Anak: Penyebab & Cara Mengatasinya Agar Si Kecil Enggak Dehidrasi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 14:44 WIB
Sick 3 years old girl coughing in bed Ilustrasi muntah pada anak/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Anak Bunda sering mengalami muntah? Muntah memang sering terjadi kepada Si Kecil mengingat fase sistem pencernaan mereka yang belum sekuat orang dewasa.

Muntah pada anakĀ dapat terjadi karena otak mengalami rangsangan dan mengganggu perut. Proses ini membuat saraf aferen bekerja dan mengirim sinyal ke tubuh untuk mengeluarkan isi lambung secara paksa. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa tak nyaman dan membuat Si Kecil malas untuk makan.

Penyebab Muntah Pada Anak

Apabila dirangkum, ada beberapa penyebab muntah pada anak. Adakah salah satunya sedang dialami Si Kecil saat ini?


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

1. Alergi makanan

Penyebab anak muntah yang pertama yaitu diakibatkan karena alergi pada makanan yang dikonsumsinya. Hal ini biasanya sering terjadi saat anak-anak mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan baginya. Misal: telur, keju, sea food.

Solusinya yaitu Bunda bisa memberikan pengetahuan terhadap Si Kecil mengenai dampak makanan-makanan tersebut untuk tubuhnya. Rasa ketidaknyamanan yang ia alami bisa menjadi pendorong agar tidak mengonsumsinya lagi.

2. Gastroenteritis

Kondisi gastroenteritis ini merupakan kondisi infeksi pada saluran pencernaan anak atau terjadinya peradangan bakteri maupun virus. Gejala Ini biasanya disebabkan karena anak salah mengonsumsi makanan ataupun tertular dari lingkungan. Apabila Si Kecil memakan jenis makanan seperti ini maka ia bakal mengalami rasa mual dan muntah. Gejala ini bahkan terkadang juga diikuti diare.

3. Mengalami infeksi

Saat Si Kecil mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, ini dapat menimbulkan gejala muntah pada anak. Infeksi ini termasuk infeksi telinga maupun mengalami flu. Gejala mual ini biasanya dimulai saat Si Kecil mengonsumsi obat, maka obat tersebut akan langsung memicu rasa mual serta muntah pada anak.

4. Kecemasan/panik

Rasa cemas yang berlebihan ini terkadang menjadi penyebab mual muntah pada anak secara tiba-tiba. Hal ini bisa jadi karena ia merasa tertekan karena takut, cemas, dan sedih. Perasaan inilah yang membuat anak merasa stres dan cemas berlebihan yang diikuti dengan mual atau muntah.

5. Keracunan

Penyebab selanjutnya yaitu karena terjadinya keracunan yang bisa diakibatkan dari mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara salah, kurang matang, tidak dicuci bersih ataupun sudah terkontaminasi. Biasanya gejala yang dialami setelah mengonsumsinya yaitu mengalami sakit perut, muntah, kram di perut, bahkan hingga terjadi diare kronis. Jika Si Kecil mengalami semua gejala di atas, segera lakukan penanganan yang tepat agar keadaan tidak semakin parah ya, Bun.

Cara Mengatasi Muntah Pada Anak

Jika Si Kecil mengalamiĀ muntah secara tiba-tiba, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga Bunda bisa melakukan penanganan yang tepat. Untuk menanggulangi muntah pada anak, Bunda bisa membiarkan anak beristirahat, memberinya air putih, dan tidak memberi makan dahulu dalam jumlah banyak.

Air putih menjadi faktor penting karena bisa menggantikan cairan yang ikut keluar saat muntah. Namun, apabila muntah masih berlanjut, Bunda wajib membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapat penanganan medis ya. Selain itu, biarkan anak tidur sesuai dengan posisi yang nyaman baginya agar kondisi tubuh cepat membaik. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara menurunkan demam pada Si Kecil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!