sign up SIGN UP search

parenting

5 Tips Memilih Susu Soya untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 19 Feb 2022 15:35 WIB
Anak minum susu caption
Jakarta -

Susu soya merupakan susu kedelai yang bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi, Bunda. Susu soya umumnya diberikan pada anak yang memiliki alergi susu sapi.

Dokter Anak Dr. Arti Sharma mengatakan, susu soya berbeda dengan susu formula berbasis kedelai. Susu formula berbahan dasar kedelai dapat diformulasikan secara khusus dengan menambah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Sedangkan, susu soya asli mengandung nutrisi yang biasanya kurang lengkap untuk anak.

"Susu soya adalah minuman nabati berprotein tinggi yang terbuat dari kedelai. Susu ini mengandung vitamin seperti tiamin, asam folat, riboflavin, vitamin D, E, dan K. Susu ini juga rendah lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium," kata Sharma, dilansir Parenting Firstcry.


Pemberian susu soya pada bayi sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. Sebab, sistem pencernaan bayi belum berkembang dengan baik dan mereka masih memerlukan mineral penting untuk pertumbuhannya.

Banner Jojo Keong RacunFoto: HaiBunda

Sharma menambahkan, susu soya bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak berusia satu tahun ke atas, terutama yang intoleran laktosa atau alergi susu sapi. Setidaknya, susu soya bisa membantu menjaga kenaikan berat badan anak dan memenuhi asupan nutrisinya.

Sementara menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, susu kedelai yang mengandung formula isolat protein soya dapat diberikan pada kasus alergi susu sapi ringan atau sedang. Sejumlah penelitian telah membuktikan keamanan isolat protein soya pada produk susu.

"Pola pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, penyerapan zat mineral tubuh, fungsi saraf, serta fungsi hormonal dari anak-anak yang mengkonsumsi isolat protein soya tidak berbeda dengan anak-anak yang mengkonsumsi susu sapi," ujar Budi dalam Webinar Festival Soya Generasi Maju via Zoom, beberapa waktu lalu.

Dalam studi lain dijelaskan, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam aspek kognitif dan bahasa anak yang diberikan susu formula soya dibandingkan anak yang minum susu sapi. Studi ini meneliti anak usia 3 sampai 5 tahun yang minum susu, Bunda.

Sementara itu, studi meta analisis tahun 2010 menemukan bahwa susu soya tidak memberikan efek negatif pada fungsi reproduksi dan endokrin, termasuk sistem imun dan kognitif. Artinya, mitos tentang susu soya dapat mengacaukan hormon reproduksi itu tidak benar ya.

Meski aman, Bunda tetap harus selektif memilih susu soya, terutama dalam bentuk formula. Ada beberapa kandungan nutrisi penting dalam susu yang baik untuk anak. Apa saja?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 tanda Si Kecil tidak cocok dengan susu formula, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
TIPS MEMILIH SUSU SOYA UNTUK ANAK YANG ALERGI SUSU SAPI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!