sign up SIGN UP search


parenting

Ada Teman Anak yang Berperilaku Buruk? Ini 4 Tips agar Si Kecil Tak Terpengaruh

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 20:15 WIB
Anak Bermain Ada Teman Anak yang Berperilaku Buruk? Ini 4 Tips agar Si Kecil Tak Terpengaruh/Foto: Getty Images/iStockphoto

Jakarta - Sebagai orang tua, kita tentu senang ya bila Si Kecil memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan memiliki banyak teman bermain. Tak bermaksud memilih-milih teman, namun bagaimana bila ada salah satu teman anak yang Bunda rasa bisa memberikan pengaruh buruk?

Kekhawatiran ini biasanya muncul ketika Si Kecil sudah masuk usia sekolah, bahkan bisa saja terjadi saat anak sekolah di usia toddler lho. Karena beda pola asuh, Bunda bisa saja menemui anak yang memiliki pola tingkah kurang baik yang bisa ditiru Si Kecil. 

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut, terlebih bila orang tua si anak tersebut seakan kurang peduli dengan situasi yang ada, tapi Bunda tetap ingin Si Kecil mampu bersosialisasi dengan siapa pun? Yuk, simak solusinya berikut ini, ya Bunda.


Bagaimana membantu Si Kecil membangun persahabatan yang positif?

Agar Si Kecil memiliki hubungan yang sehat dengan teman-temannya, cobalah untuk berbicara Kecil tentang bagaimana teman-temannya memperlakukan satu sama lain supaya Bunda tahu seperti apa jenis pertemanannya, apakah sehat atau tidak.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

“Yang terpenting, orang tua bisa memberikan kepercayaan pada anak untuk memilih temannya,” kata Nicole Beurkens, Ph.D, psikolog klinis berlisensi dan pendiri dan direktur di Horizons Developmental Resource Center di Caledonia, MI, dikutip dari laman Verywell Family.

Meskipun memberikan kepercayaan, Bunda tetap bisa memberikan masukan, bimbingan, dan berada di samping Si Kecil untuk mendukung anak saat ia merasa sedih bila ada hal yang tidak berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana tips melindungi Si Kecil agar tidak tertular sifat buruk teman-temannya? Yuk, simak tips berikut ini, ya Bunda.

Anak BermainAda Teman Anak yang Berperilaku Buruk? Ini 4 Tips agar Si Kecil Tak Terpengaruh/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Tips melindungi anak agar tidak tertular sifat buruk temannya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat Bunda lakukan untuk melindungi Si Kecil agar tidak tertular perilaku buruk temannya:

1. Jaga komunikasi dengan anak

Melansir dari laman Civilized Caveman, cara terbaik untuk menangani situasi seperti ini adalah berbicara dengan Si Kecil secara jujur dan terbuka. Beri tahu mereka tentang kekhawatiran yang Bunda rasakan tentang temannya tersebut dan izinkan mereka juga untuk mengatakan pendapatnya, ya Bunda.

Bunda perlu menghindari sikap egois dan tetap fokus pada perasaan mereka, keyakinan mereka, dan keputusan mereka untuk berteman dengan orang tertentu. Tanyakan kepada mereka bagaimana teman mereka memengaruhi mereka dan bagaimana perasaan mereka tentang hal itu.

Pastikan juga Bunda memberikan pendapat. Ingatlah bahwa Bunda adalah pengaruh penting dalam kehidupan Si Kecil.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga yuk video tentang tips agar anak ikhlas berbagi dengan sesamanya:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI MENGKRITIK HINGGA TETAP BERI DUKUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!