parenting

3 Manfaat Pijat Bayi yang Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Senin, 15 Apr 2019 08:02 WIB
3 Manfaat Pijat Bayi yang Bunda Perlu Tahu
Jakarta - Bunda pernah mencoba melakukan pijat pada bayi? Pijat pada bayi jika dilakukan dengan teknik yang tepat dapat memberi banyak manfaat lho.

Menurut dokter spesialis anak dari Rumah Sakit St. Carolus, dr.Utami Roesli, SpA, pijat adalah terapi sentuh dengan sensasi raba (skin to skin contact) yang tertua dan turun-temurun di Indonesia. Sentuhan dari pijat, akan memberikan dampak positif pada kesehatan dan tumbuh kembang anak.

"Ketika memijat ada reseptor raba yang berperan. Reseptor ini adalah sentuhan yang dapat membuat bayi merasa nyaman," kata wanita yang akrab disapa Tami ini dalam acara Media Briefing dan Pijat Bayi Johnson's Sentuhan Cinta, di RS St. Carolus, Senen, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


"Pijat bayi juga akan meningkatkan bonding, memperkuat imunitas, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan psikologi, melancarkan sistem pencernaan, dan menambah kepadatan tulang pada bayi," sambungnya.

baby massageBaby massage/ Foto: istock


Teknik memijat pada bayi hanya bisa dilakukan saat bayi dalam kondisi sehat ya, Bun. Karena tujuannya bukan untuk menyembuhkan penyakit tapi untuk memelihara kesehatan anak termasuk tumbuh kembangnya.

Nah, berikut 3 manfaat yang bisa didapat Bunda dari melakukan pijat pada bayi dengan teknik yang benar.

1. Meningkatkan berat badan anak

Saat dipijat, nervus vagus yang akan meningkatkan kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin bertambah. Sehingga, penyerapan makanan jadi lebih baik dan bayi jadi cepat lapar.

2. Meningkatkan produksi ASI

Bila bayi cepat lapar, dia akan lebih sering menyusu, dampaknya produksi ASI pun meningkat. Ibu yang memijat dan melihat bayinya ketika dipijat juga akan merasakan perasaan nyaman. Ini juga bisa meningkatkan hormon oksitosin untuk meningkatkan produksi ASI.

"Menurut penelitian, terjadi kenaikan berat badan bayi sebesar 20 persen jika dipijat selama 3 kali dalam waktu 15 menit selama 10 hari," tutur Tami.

3. Meningkatkan kecerdasan

Pijat pada bayi dapat mengubah gelombang yang ada di otak, yaitu menurunkan gelombang alpha dan meningkatkan gelombang beta serta tetra (EEG). Ini menyebabkan bayi tidur lelap sehingga saat bangun dari tidur mereka dapat berkonsentrasi lebih baik.

"Penelitian juga menyebutkan bahwa anak yang dipijat dua kali dalam waktu 15 menit selama 5 minggu dapat menyelesaikan soal hitungan lebih cepat dan tepat dari yang tidak dipijat," tutup Tami.


[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi