sign up SIGN UP search


parenting

3 Ide Hadiah untuk Anak yang Berpuasa, Supaya Rindu Ramadan Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 21:40 WIB
Three sibling playing in front of house during eid celebration in Malaysia 3 Ide Hadiah untuk Anak yang Berpuasa, Supaya Rindu Ramadan Bun/Foto: Getty Images/ibnjaafar

Jakarta - Usia anak-anak memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, tak ada salahnya bila Bunda membiasakannya sedari dini sehingga mudah bagi anak untuk melakukannya nanti ketika sudah memasuki usia pubertas.

Anak-anak pun biasanya juga akan bersemangat untuk berlatih puasa mengikuti orang tua atau saudara-saudaranya. Nah, ketika bulan Ramadan sudah berakhir, Bunda boleh kok memberikan semacam hadiah kepadanya atas usahanya untuk berpuasa sebulan lamanya.

Untuk berlatih puasa, Bunda bisa kok melatihnya sejak usia 5 atau 6 tahun Bunda. Proses ini tentunya perlu dilakukan secara bertahap ya Bunda. Mulai dari puasa beberapa jam, setengah hari, hingga sehari penuh.


Dalam mengajarkan anak berpuasa, kebanyakan orang tua memotivasi anaknya dengan hadiah atau reward. Terkadang, reward ini menjadi hal yang lumrah dan berhasil membujuk anak untuk semangat berpuasa Bunda.

Nah, apa saja ide hadiah untuk anak puasa? Simak terus penjelasannya ya Bunda.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Melansir dari laman Daily Trust, pada dasarnya, anak-anak menyukai hadiah. Reward ini terbukti ampuh memotivasi Si Kecil untuk mulai berpuasa. Tak heran jika trik ini paling sering dipilih oleh para orangtua untuk mengenalkan anaknya pada puasa.

Tidak perlu memberikan hadiah yang mahal Bunda. Cukup alat tulis, mainan, baju, atau tas, atau apa saja yang disukai anak. Saat memberi hadiah, jelaskan bahwa hadiah itu didapat karena mereka mau berusaha berpuasa.

Waktu yang tepat memberikan anak hadiah puasa

Lantas, sampai kapan anak harus dibujuk dengan hadiah agar mau berpuasa? Yang jelas hal ini tidak bisa dilakukan terus menerus Bunda, mengingat anak-anak perlu memahami apa sebenarnya konsep puasa itu.

Bunda bisa memberikan hadiah di tahun pertama anak berpuasa. Memperkenalkan hal-hal baru pada anak perlu diiringi dengan hal-hal yang menyenangkan agar Si Kecil semakin bersemangat.

A young boy is enjoying a piece of homemade jelly at home in Malaysia. He is wearing 'baju Melayu' (traditional Muslim man attire).3 Ide Hadiah untuk Anak yang Berpuasa, Supaya Rindu Ramadan Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew

Namun, pada tahun-tahun berikutnya, orang tua harus mulai mengurangi pemberian hadiah. Berikan pemahaman kepada anak bahwa puasa adalah ibadah bagi anak.

Anak-anak harus terus berpuasa bahkan tanpa hadiah. Idealnya, iming-iming hadiah harus dihentikan saat anak sudah masuk sekolah dasar. Jika Bunda terbiasa menjanjikan hadiah kepada si kecil, hal terburuk yang bisa terjadi adalah ia hanya berpuasa saat mendapat hadiah.

Sebagai orang tua, Bunda harus memberikan pemahaman tentang kewajiban yang perlu dilakukan anak sebagai muslim. Juga, beri mereka pemahaman tentang arti puasa. Ini bisa menjadi bekal keimanan bagi mereka kelak ketika dewasa jika orang tuanya telah mengajarinya sejak kecil.

"Hadiah bisa menjadi motivasi untuk membuat siapa pun melakukan apa pun. Jadi, untuk membuat anak tetap bertahan dan mendorong mereka untuk berpuasa selama bulan Ramadan, janjikan mereka sebuah hadiah setiap kali mereka dapat melakukan puasa penuh. Bisa berupa makanan kesukaan, mainan, atau perjalanan ke taman favorit mereka," kata Rachael Link ahli gizi yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Times of India, Kamis (28/4).

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang hukum puasa untuk anak berkebutuhan khusus.

[Gambas:Video Haibunda]



IDE HADIAH UNTUK ANAK YANG BERPUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!