sign up SIGN UP search


parenting

Cara Jelaskan pada Anak Pentingnya Saling Memaafkan di Hari Lebaran

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 09:10 WIB
Hari raya malay muslim family in traditional clothing bonding family reunion on Hari Raya Aidilfitri / Eid-Ul-Fitr celebration in living room Cara Jelaskan pada Anak Pentingnya Saling Memaafkan di Hari Lebaran/Foto: Getty Images/Edwin Tan

Jakarta - Tidak terasa, sudah hampir sebulan umat muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini, ya Bunda. Selain menjalani ibadah puasa, tentunya mereka juga menjalani ibadah-ibadah lainnya seperti salat tarawih di malam hari, bersedekah, ataupun bersilaturahmi dengan sesama.

Bunda, Lebaran atau Idul Fitri adalah perayaan kemenangan bagi seluruh umat muslim yang telah berhasil melewati bulan suci Ramadan dengan menjalani ibadah-ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT.


Sebagian besar umat muslim tentunya merayakan hari raya ini dengan banyak hal seperti mengenakan pakaian terbaik saat hari raya, mengunjungi keluarga atau teman, bersalam-salaman, dan saling memaafkan.

Salah satu ritual di Hari Raya Idul Fitri adalah bersalam-salaman dan saling memaafkan sesama. Berkaitan dengan hal ini, tidak jarang anak-anak yang mungkin akan bertanya mengapa umat muslim perlu saling memaafkan di hari raya? Oleh karena itu, Bunda perlu menjelaskannya terlebih dahulu agar Si Kecil bisa memahaminya dengan jelas.

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

Untuk membantu Bunda menjawab pertanyaan Si Kecil ini, yuk simak penjelasannya berikut ini ya Bunda.

Makna Idul Fitri

Umat muslim merayakan Idul Fitri untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan umat-Nya kesempatan untuk menyelesaikan dan dapat memenuhi kewajiban mereka menjalani ibadah di bulan Ramadan. Serta, menyelesaikan perbuatan baik di bulan yang dianggap lebih baik dari 1.000 bulan.

Melansir dari laman Islam Online, Idul Fitri adalah hari yang menandai keberhasilan penyelesaian bulan suci Ramadan. Ini mengajarkan umat muslim bahwa kebahagiaan sejati dihasilkan dari melakukan perintah dan berkorban untuk tujuan yang mulia.

ilustrasi keluargaCara Jelaskan pada Anak Pentingnya Saling Memaafkan di Hari Lebaran/ Foto: istock

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang penuh berkah bagi orang-orang yang menjalankan kewajibannya kepada Allah SWT selama berpuasa di bulan Ramadan. Di surga, Idul Fitri disebut pahala.

Sebagian besar umat muslim merayakan Idul Fitri dengan banyak hal seperti bertemu dengan semua orang yang dikenal untuk menjaga silaturahmi, saling mengunjungi rumah, memberi bingkisan, memberi salam, saling meminta maaf, dan memberikan senyuman dengan mengucapkan selamat Idul Fitri.

Lalu, bagaimana Bunda menjelaskan alasan di balik perlu saling memaafkan dengan sesama di Hari Raya Idul Fitri kepada anak-anak? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang menjelaskan makna Idul Fitri kepada anak.

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA SALING MEMAAFKAN DI HARI LEBARAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!