sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Mengatur Pola Makan Anak setelah Berpuasa Ramadan

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 15:30 WIB
Asian family lunch outdoors, children having fun at table, Father helps feed daughter Tips Mengatur Pola Makan Anak Setelah Berpuasa Ramadan/Foto: Getty Images/JulieanneBirch

Jakarta - Setelah sebulan penuh menjalankan puasa Ramadan, kini momen Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Banyak hal yang dapat dipelajari dari bulan Ramadan, salah satunya pola makan saat puasa.

Sebulan penuh menahan makan dan minum, biasanya anak akan tergoda untuk kembali pada pola makan sebelumnya setelah Ramadan usai. Bahkan beberapa anak makan lebih banyak di Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan sajian makan-makanan lezatnya.


Hal ini tentu harus Bunda hindari terjadi pada Si Kecil. Akan lebih baik Bunda mengatur pola makan anak setelah puasa Ramadan dengan baik. 

Pada saat berpuasa, anak sudah belajar disiplin, Bunda hanya perlu membimbing dan menyiapkan makanan yang bergizi untuk Si Kecil. Buat pola makan yang seimbang dan bangun suasana makan yang menyenangkan.

Nah seperti apa pola makan anak setelah Ramadan yang bisa Bunda terapkan pada Si Kecil? Berikut penjelasannya Bunda. 

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Pola anak selama Ramadan

Melansir dari laman Western Medical, ketika anak Bunda berpuasa selama bulan Ramadan, pastikan mereka tidak banyak mengonsumsi makanan manis dan asin. Gula diketahui meningkatkan nafsu makan anak namun tanpa menambahkan nilai gizi apa pun pada makanan mereka.

Sementara itu, garam akan meningkatkan rasa haus Si Kecil. Anak-anak juga harus menghindari minuman bersoda, makanan pedas, dan gorengan untuk mengurangi risiko mengalami masalah pencernaan Bunda.

Alih-alih makanan cepat saji yang lezat, pastikan anak Bunda makan makanan sehat yang disiapkan di rumah yang mengenyangkan dan kaya nutrisi. Ajari anak-anak Bunda untuk berbuka puasa dengan kurma dan air.

Juga, pastikan asupan makanan manis dan tepung olahan mereka lebih sedikit. Sup buatan sendiri yang sehat adalah tambahan yang bagus untuk menu buka puasa anak karena mengandung mineral dan garam yang diperlukan tubuh. 

ilustrasi anak makanilustrasi anak makan/ Foto: iStock

Pola makan anak setelah puasa Ramadan

Seperti halnya saat Ramadan, makanan yang direkomendasikan untuk anak setelah dan saat Ramadan adalah sama, hanya saja waktu makannya berbeda. Pilihlah menu makanan yang tinggi nutrisi untuk tumbuh kembang Si Kecil lebih baik Bunda. 

Beberapa makanan bergizi yang dikonsumsi saat Puasa Ramadan, dapat dilanjutkan anak setelah Ramadan Bunda. Bunda bisa membuat sendiri pola makan yang tepat sesuai kebutuhan Si Kecil. 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang cara membentuk pola makan yang baik untuk anak sejak dini.

[Gambas:Video Haibunda]



POLA MAKAN ANAK SETELAH PUASA RAMADAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!