sign up SIGN UP search


parenting

Tips Persiapan Mudik Bawa Bayi & Balita agar Tak Rewel di Jalan

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 21:40 WIB
Little baby boy with her muslim mom inside car going for a trip 7 Tips Persiapan Mudik Bawa Bayi & Balita agar Tak Rewel di Jalan/Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar keluarga, termasuk keluarga Bunda mungkin berencana merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman. Budaya ini sudah dikenal dengan sebutan mudik.

Bagi Bunda yang memiliki seorang bayi atau balita, mungkin mudik ini akan terasa menyenangkan sekaligus menegangkan. Karena, Bunda tentu perlu mempersiapkan banyak kebutuhan Si Kecil mulai dari keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di kampung halaman.

Tidak jarang anak-anak yang mungkin merasa bosan di perjalanan atau lelah karena bermancet-macetan. Oleh karena itu, Bunda perlu mempersiapkan banyak hal termasuk mempersiapkan diri juga agar tidak lelah menjaga anak tetap tenang selama di perjalanan.


Nah, untuk Bunda yang mudik dengan Si Kecil, apakah sudah mempersiapkan banyak hal agar Si Kecil bisa tetap tenang selama di perjalanan?

Jika Bunda belum tahu perlu mempersiapkan apa saja, tidak perlu khawatir karena berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber tentang beberapa hal yang perlu Bunda persiapkan saat mudik Lebaran bersama dengan Si Kecil. Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

1. Isi persediaan makanan sebelum berangkat                            

Melansir dari laman U.S. News, Nicky Omohundro, pencipta blog Little Family Adventure, menggambarkan makanan ringan atau camilan sebagai mata uang balita sejati, ia menganggapnya sebagai komponen yang perlu dimiliki dari setiap liburan keluarga.

Baik bepergian dengan mobil, kereta, atau pesawat, camilan ringan seperti sereal kering, atau makanan bayi pastinya akan membuat Si Kecil tenang ketika ia mulai rewel karena bosan di perjalanan. Bawalah cukup air juga agar di tempat minum kesayangan Si Kecil, ya Bunda.

2. Dorong anak-anak untuk membawa barang mereka sendiri

Jika mereka ingin, balita mungkin akan senang membawa tas kecilnya yang menggemaskan saat pergi mudik ke kampung halamannya. Dorong anak-anak berusia 3 tahun ke atas untuk membawa mainan dan pakaian mereka dalam koper bergulir ukuran anak. Tips yang satu ini bisa menjadi cara yang membantu untuk meringankan beban Bunda dan itu akan membuat anak-anak merasa dewasa pada saat yang sama, lho Bunda.

Little baby boy with her muslim mom inside car going for a trip7 Tips Persiapan Mudik Bawa Bayi & Balita agar Tak Rewel di Jalan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

3. Buat anak-anak menjadi sibuk

Waktu yang cukup lama di perjalanan dengan sedikit kegiatan dapat dengan mudah membuat anak bosan dan jengkel, ini bisa membuatnya menjadi rewel, lho Bunda. Memastikan bahwa anak-anak merasa nyaman terutama selama di perjalanan yang panjang, sangat penting tidak hanya untuk kenyamanan keluarga, tetapi juga untuk sesama penumpang lainnya bila Bunda mudik dengan transportasi umum.

Persiapkan mental anak-anak dengan berbicara tentang ke mana mereka akan pergi dan buat mereka bersemangat tentang perjalanan dengan berbagi semua hal menyenangkan yang dapat mereka alami di sana, ya Bunda.

Simak juga video tentang 9 barang yang wajib dibawa busui saat mudik Lebaran.

[Gambas:Video Haibunda]



TEPAT WAKTU HINGGA SIAPKAN FILM FAVORIT SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!