sign up SIGN UP search


parenting

Paula Verhoeven Pernah Gigit Kiano hingga Nangis, Ada Alasan Tak Terduga di Baliknya

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 21:40 WIB
Paul Verhoeven dan Kiano caption
Jakarta -

Setiap orang tua memiliki cara dan upaya masing-masing untuk mendidik anak-anaknya ya, Bunda. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh Paula Verhoeven dan Baim Wong.

Pada anak pertamanya, yakni Kiano Tiger Wong, Paula dan Baim pernah memutuskan untuk mengajarinya bersosialisasi. Saat itu, sosialisasi cukup sulit dilakukan di masa pandemi, sehingga keduanya hanya dapat membawa Kiano ikut syuting untuk bertemu tim yang bekerja dengan intensitas terbatas.

Hanya saja, cara tersebut nyatanya tak tepat. Ini karena Kiano hanya dipertemukan pada orang dewasa, bukan anak seusianya. Belum lagi, dahulu Kiano juga memiliki beberapa kebiasaan yang tak biasa, yakni suka memeluk anak sepantarannya dengan erat bahkan menggigit orang lain tanpa alasan.


Akhirnya, Paula pun mendaftarkannya ke sekolah. Meski saat itu usianya masih begitu kecil, Paula berharap setidaknya hal tersebut bisa sedikit menolong.

Banner Obat Alami Atasi Payudara SakitBanner Obat Alami Atasi Payudara Sakit/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

"Akhirnya aku memutuskan untuk nyekolahin Kiano umur 1,5 tahun. Dia sekolah kayak sekolah main-main untuk bersosialisasi," tuturnya pada Titi Kamal di kanal YouTube Titi dan Tian pada Selasa (3/5/2022).

Titi kemudian juga sebut Kiano pernah menggigit anaknya, Juan. Paula akui untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, ia pernah membalas Kiano hingga menangis.

"Akhirnya pernah suatu saat aku gigit dia sampai nangis kencang," lanjutnya.

"Biar dia tahu kalau digigit tuh sakit, karena dia suka gigit."

Titi sempat kaget dengan cara Paula tersebut. Bagi Titi, ia mungkin tak tega melakukan hal serupa pada anak-anaknya. Paula pun mengaminkan hal tersebut. Hanya saja model berdarah Belanda itu ungkap hal tersebut bisa dilakukan sebagai pelajaran bagi anak.

"Enggak tega, cuman aku sudah (jadi) korban gigitan terus kan, akhirnya aku capek," katanya.

Walau agak ekstrem, Paula mengaku cara tersebut bisa mengubah Kiano. Setelahnya, Kiano tak pernah menggigit lagi.

"'Kak, mama gigit ya', beneran aku gigit, nangis dia kejer, 'Sakit kan?' 'Iya'."

"Dari situ dia udah enggak (gigit lagi), sakit, kadang-kadang anak tuh perlu dikasih tau kalau digituin tuh sakit. Ngajarin," papar Paula.

Selain soal menggigit, Paula dan Baim juga memiliki pola asuh anak lainnya. Seperti apa? Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga cara Sonya Fatmala ajarkan anak tentang kesetaraan perempuan sejak dini dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

POLA ASUH PAULA & BAIM WONG, HINDARI KATA 'JANGAN' SAAT MELARANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!