sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah TKW asal Sulsel Berhasil Bangun Perusahan di Dubai Bermodal Rp50 Ribu

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 13:40 WIB
Nur Afni Ramang, warga Soppeng yang kini memiliki perusahaan di Dubai caption
Jakarta -

Kisah hidup orang memang tak pernah ada yang tahu ya, Bunda. Begitu pula dengan nasib yang membawa Nur Afni Ramang, wanita asal Soppeng, Sulawesi Selatan.

Nur sukses setelah meninggalkan kampung halamannya dan menjadi TKW di Dubai. Tapi, siapa yang menyangka jika keberaniannya meninggalkan kampung halaman membuka jalan lebar untuk mengais rezeki.

Ya, setelah melewati ujian hidup yang berat akhirnya single mom ini berhasil bangkit dari susahnya hidup, Bunda. Ia yang hanya bermodalkan uang Rp50 ribu, kini sukses membangun perusahaan sendiri di Dubai.


Ya, benar Bunda tidak sedang salah baca karena Nur memang berhasil memiliki perusahaan miliknya di negara tersebut.

"Ku tinggalkan ini Soppeng. Bawa kantong plastik merah isinya dua pasang baju dan uang Rp 50 ribu," ungkap Nur Afni saat ditemui detikSulsel di kediamannya, Jumat (29/4/2022).

Banner Obat Alami Atasi Payudara SakitObat Alami Atasi Payudara Sakit/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Ani ini menikah pada 2002 dikaruniai dua anak, namun bercerai pada 2008. Dia kemudian memutuskan meninggalkan suaminya yang berprofesi sebagai ASN di Dinas Sosial Pemkab Soppeng.

"Saya cerai karena (eks suami) suka mabuk, sering begadang, kalau pulang sering marah-marah dan berlaku kasar," tuturnya.

Dengan berbagai masalah hidupnya tersebut, Ani membulatkan tekad untuk merantau pada 2014. Apalagi menurutnya bila bertahan tinggal di Soppeng tak akan menyelesaikan persoalan utangnya yang mendesak dibayarkan.

Dibantu salah satu temannya, Ani pun berangkat ke Jakarta. Termasuk membantu biaya tiket pesawat. "Temanku arahkan ka ke Jakarta. Katanya di sana nanti dijemput. Tiketku saja saya tidak tau, cuman na kirimkan ka temanku," sebutnya.

Tiba di Jakarta, Ani diarahkan ke salah satu agen tenaga kerja wanita (TKW) yang rutin mengirim tenaga kerja ke luar negeri. Tiket dan visa ke luar negeri Ani pun ditanggung.

"Kita TKW dulu tidak tau apa-apa. Semua ditanggung. Tidak ada uangku keluar sepeser pun. Nanti di Dubai ada juga yang jemput ki langsung diarahkan ke kantor agen TKW. Nanti di sana baru langsung dibawa ke rumah majikan," tukasnya.

Kini, Ani diketahui memiliki perusahaan di Dubai yang bergerak di bidang penyalur tenaga kerja. Dia mendapat kepercayaan relasinya warga Dubai untuk membuka perusahaan sendiri.

Diungkap oleh Ani bahwa tidak mudah untuk mendirikan perusahaan di Dubai. Menurutnya, harus ada nama orang Arab untuk mengurus perizinan pendirian perusahaan. Bagaimana caranya hingga akhirnya Ani bisa melalui semua itu?

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, ada cerita menarik dari TKW lain simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!