sign up SIGN UP search


parenting

Begini Cara Penularan Hepatitis Misterius pada Anak Menurut IDAI dan Kemenkes

Kinan   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 09:10 WIB
ANAK-ANAK DISEBUT LEBIH RENTAN TERTULAR SAAT MAIN BERSAMA
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept caption

Dokter Muzal pun selalu mengimbau orang tua untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan upaya pencegahan.

"Kita harus mencegah semua penularan dari fekal oral seperti mencuci tangan, (menjaga) kebersihan makanan, air, dan jangan makan bersama atau menggunakan alat makan bersama," ujarnya.

Sementara untuk mencegah penularan melalui droplet, masyarakat disarankan untuk tetap melakukan protokol kesehatan COVID-19, seperti memakai masker dan menjaga jarak. "Karena sifatnya akut, biasanya penularannya lewat saluran cerna atau saluran napas," imbuh dr Muzal.


Terlebih pada anak-anak, penularan infeksi virus bisa lebih mudah terjadi karena ketidaktahuan, misalnya saat bermain bersama teman sebaya. 

Dikutip dari detikcom, dr Nina Dwi Putri SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik IDAI juga meminta orang tua mewaspadai kemungkinan anak tertular saat bermain.

"Hal ini terutama berlaku di antara bayi dan balita yang cenderung menggunakan tangan mereka untuk menyeka hidung atau menggosok mata mereka dan kemudian memegang mainan atau menyentuh anak lain," ujar dr Nina.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!