sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Bermain Sambil Belajar Penting Dilakukan Sejak Dini Lho!

Jihaan Khoirunnisaa   |   Haibunda Jumat, 03 Jun 2022 13:34 WIB
Mother spending time with her daughter playing with toys caption
Jakarta -

Periode golden age atau masa keemasan adalah tahapan yang penting dalam perkembangan anak, Bun. Selama masa awal kehidupan ini, Si Kecil perlu diberi kesempatan untuk bermain dan belajar banyak hal.

Karena bermain sambil belajar dapat membantu otak agar dapat berkembang optimal. Sekaligus meningkatkan bahasa dan komunikasi anak. Bunda dapat melakukan permainan sederhana bareng Si Kecil di rumah, seperti cilukba, atau menyanyikan lagu bersama. Kegiatan ini akan mengajarkan anak tentang komunikasi, serta mengembangkan keterampilan motorik dan kemampuan memecahkan masalah.

Selain itu, aktivitas mudah dan sederhana seperti menumpuk dan menjatuhkan balok memungkinkan anak untuk memahami konsep matematika dan sains, termasuk bentuk, gravitasi, keseimbangan, dan berhitung.


Permainan anak usia dini selama periode golden age ini dinilai penting untuk meletakkan dasar bagi pendidikan formal yang harus diikuti nantinya, lho Bunda. Namun sebaiknya, aktivitas belajar melalui bermain ini tak dilakukan sendiri, melainkan dengan keterlibatan orang tua maupun pengasuh.

Alasan Bermain Sambil Belajar Itu Penting

Bunda, masa golden age akan membentuk masa depan anak hingga mereka dewasa. Karena pada periode pertama kehidupan ini perkembangan otak berjalan sangat signifikan, terutama dalam dua tahun pertama kehidupan.

Diketahui, sekitar 80% perkembangan otak akan selesai pada usia tiga tahun dan berada pada tahap 90% pada usia lima tahun. Ini berarti proses pendidikan dini seorang anak tidak bisa menunggu hingga masa sekolah dasar dimulai.

Sebaliknya, kurangnya permainan dan komunikasi, yang dikenal sebagai 'kurang stimulasi', dapat memiliki konsekuensi negatif jangka panjang pada kemampuan belajar, kesehatan fisik dan mental anak.

Apa yang Bisa Orang Tua Lakukan?

Ayah dan Bunda memiliki peran krusial dalam mendukung kegiatan bermain sambil belajar di usia dini. Dukungan untuk aktivitas ini harus dibangun ke dalam program pengembangan anak usia dini.

Sayangnya, tidak sedikit orang tua yang belum sadar akan pentingnya kegiatan bermain bagi anak-anak. Karena itu diperlukan sosialisasi serta simulasi pendidikan anak usia dini oleh para ahli. Misalnya, petugas kesehatan di tingkat Puskesmas dapat dilatih untuk berinteraksi dengan anak sambil memberikan vaksin atau pemeriksaan serta menawarkan informasi kepada orang tua tentang manfaat bermain sambil belajar.

Dengan begitu orang tua dan para pengasuh dapat memahami periode golden age dengan baik. Serta dapat mengetahui cara memanfaatkan apa yang dimiliki untuk mendukung stimulasi anak usia dini. Karena pada dasarnya, kegiatan bermain sambil belajar tak perlu terlalu merepotkan. Bahkan bisa dilakukan dengan barang-barang rumah tangga sederhana, seperti cangkir dan sendok sebagai mainan, Bunda.

Simulasi pendidikan yang tepat di periode golden age adalah hal yang krusial yang perlu diketahui oleh para orang tua. Stimulan yang bisa merelaksasikan proses belajar ini juga secara masif ditransformasi oleh LingoAce dalam skema belajar mengajar mereka.

Startup les bahasa Mandarin yang fokus untuk mengajarkan anak umur 6 sampai 15 tahun ini menggunakan variasi metode ajar yang berbeda, termasuk gamifikasi, ilustrasi digital, kuis interaktif dan masih banyak lagi.

Platform e-Learning ini juga menyediakan kelas privat agar perhatian guru hanya terfokuskan pada satu anak. Selain itu ada pilihan atau kelas yang berisi maksimal enam peserta didik. Tujuannya agar Si Kecil tetap bisa berinteraksi dengan teman sebayanya. Semua ini diseimbangkan dengan kehadiran para guru native speaker terbaik dan kurikulum berstandar internasional.

Semua kelebihan yang dimiliki LingoAce juga dibalut dengan sempurna melalui biaya layanan yang tergolong ekonomis mulai dari Rp 83 ribu saja, lho Bunda. Daftar ke LingoAce sekarang juga!

(fas/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!