parenting

4 Ide Kegiatan Montessori di Rumah untuk Picu Kecerdasan Anak Usia Balita

Zika Zakiya   |   HaiBunda

Kamis, 09 Jun 2022 23:00 WIB

Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda tentunya sudah terbiasa mendengar metode Montessori. Metode belajar yang fokus mengenai pembelajaran secara konkret pada anak ini diambil dari nama Maria Montessori. Pendidik asal Italia ini ingin agar anak menjadi seorang pelajar yang mandiri dan didukung dengan lingkungan yang cakap pula.

Penerapan teori Montessori kini sudah makin berkembang, Bun. Bahkan sudah bisa dibagi sesuai dengan jenis pelajaran secara spesifik, matematika salah satunya.

Dalam buku Montessori di Rumah 55 Kegiatan Matematika karya Elvina Lima Kusumo ada beberapa ide yang bisa terapkan di rumah. Ide-ide berikut cocok untuk anak usia 3 - 4 tahun yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, fokus, kemampuan berhitung, dan mengenali bentuk.


Banner Bumil dan Janin LaparBanner Bumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Ada pun contoh kegiatan Montessori tersebut antara lain:

1. Mengelompokkan benda berdasarkan karakteristik tertentu

- Siapkan tiga wadah kosong ukuran kecil dengan warna-warni berbeda.
- Siapkan juga satu wadah besar yang kemudian Bunda isi dengan beberapa benda yang memiliki tiga karakter unik. Misal: Kancing warna kuning, merah, dan biru.
- Minta Si Kecil pisahkan masing-masing kancing sesuai dengan warna-warna tersebut dan masukkan dalam wadah poin (1)

Objek bisa berbeda-beda ya, Bun asalkan memiliki karakteristik yang bisa dipisahkan. Misalnya kacang-kacangan, mainan, hingga batuan. Kegiatan ini bisa melatih Si Kecil membedakan karakteristik benda, mengenal konsep pengelompokkan, mengasah kordinasi mata dan tangan, serta menajamkan konsentrasi.

Khusus untuk anak yang masih terlalu kecil, penggunaan objek kecil harus dalam pengawasan Bunda ya. Sebab, dikhawatirkan mereka bisa memakan benda-benda tersebut.

2. Mengurutkan benda dari yang paling pendek ke paling panjang

- Siapkan sedotan, play dough, stik kayu, atau mainan yang memiliki panjang berjenjang; pendek, sedang, tinggi.
- Untuk anak yang baru pertama kali disodori kegiatan ini bisa lebih dulu diberi penjelasan ya, Bun. Misal: "Ini pendek ya, Nak." Begitu seterusnya hingga dia mengenali mana yang pendek dan tinggi.
- Jika sudah paham, Bunda bisa mulai mengajaknya menunjuk mana yang pendek dan mana yang tinggi.
- Apabila Si Kecil sudah bisa menunjuk, berikutnya Bunda bertanya,"Ukuran apakah benda ini?".

Dengan kegiatan ini, Bunda bisa mengajarkan konsep pendek-panjang, lebih panjang, lebih pendek, dan bermanfaat sebagai modal matematika dasar.

ilustrasi anak montessoriilustrasi kegiatan montessori di rumah/ Foto: iStock

3. Mengurutkan benda berdasarkan diameternya

- Siapkan beberapa benda serupa dengan diameter berbeda. Seperti roll rambut milik Bunda mulai dari ukuran kecil hingga besar. Atau tissu gulung yang punya diameter berbeda.
- Minta Si Kecil meraba benda-benda tersebut dengan merasai beda diameter dan ukurannya
- Kemudian minta dia untuk mengurutkan mulai dari yang paling besar hingga paling kecil.

Kegiatan ini membuat Si Kecil bisa membedakan dan mengurutkan benda dengan diameter berbeda. Kemudian mengenalkan konsep besar dan kecil secara konkret. Terpenting, juga menjadi bekal awal pelajaran matematika.


4. Mengenal garis

- Siapkan alat tulis; spidol dan buku
- Siapkan juga kelereng, batu-batuan, atau kacang-kacangan, bisa juga Bunda siapkan sedotan
- Gambar angka atau huruf di atas buku yang sudah Bunda siapkan. Misal angka 1 dan 2, lalu huruf A dan B. Cobalah dengan ukuran agak besar ya, Bun.
- Kemudian minta Si Kecil menyusuri bentuk angka dan huruf tersebut dengan kelereng/batu/kacang yang sudah disiapkan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat Si Kecil mengenali angka dan huruf serta garis pembentuknya. Jika Bunda mau, tambahkan berbagai jenis bentuk garis seperti melengkung, paralel, dan melengkung. Dengan begitu pengetahuan Si Kecil juga makin luas mengenai ragam bentuk garis.

Simak juga video berikut mengenai tips mengatasi anak yang cengeng.

(ziz/ziz)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT