sign up SIGN UP search


parenting

7 Pilihan Ikan untuk MPASI Murah dan Gampang Didapat, Tak Harus Selalu Salmon

Kinan   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 22:50 WIB
Cheerful baby girl sitting on high chair while eating meal. Female toddler is being fed by mother. They are at home. Ilustrasi pilihan ikan untuk MPASI Si Kecil. Foto: Getty Images/miniseries
Jakarta -

Ikan menjadi salah satu bahan MPASI yang jadi favorit. Selain mudah didapat, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai menu yang sedap.

Dikutip dari Parenting First Cry, beberapa jenis ikan, seperti salmon, juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk bayi. Apa saja pilihan ikan untuk MPASI?

Selain itu, ikan menjadi salah satu sumber protein yang penting untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh, sehingga berpotensi memberi pertumbuhan yang sehat pada anak.


Ikan tertentu juga mengandung asam lemak omega-3, yaitu asam lemak esensial. Khususnya pada bayi, asam lemak omega-3 penting untuk fungsi dan perkembangan otak, mata, serta sistem kekebalan yang lebih kuat.

Banner Cara Membuat Infused WaterFoto: Annisa Shofia

Vitamin B12 dan yodium juga menjadi beberapa nutrisi lain pada ikan, yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan sel darah merah bayi. Nah, apa saja pilihan ikan untuk MPASI yang dapat Bunda berikan untuk si Kecil? Berikut ulasannya:

1. Ikan lele

Ikan lele menjadi salah satu pilihan ikan untuk MPASI yang menjadi favorit para bunda. Sebab selain mudah dijangkau, kandungan nutrisinya juga tak kalah banyak.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia Kemenkes RI, ikan lele ukuran 100 gram memiliki kandungan nutrisi: Energi 372 kalori; Protein 7,8 gram; Lemak 36,3 gram; Kalsium 289 mg; Zat besi 5,3 mg.

Tekstur daging ikan lele juga lembut, sehingga mudah dikunyah oleh bayi. Jangan lupa buang durinya terlebih dahulu dengan teliti ya, Bunda.

2. Ikan patin

Punya tekstur daging yang mirip seperti ikan lele, ikan patin juga cocok diberikan sebagai bahan menu MPASI Si Kecil. 

Per 100 gram ikan patin mengandung nutrisi: Energi 132 kalori; Protein 17 gram; Lemak 6,6 gram; Kalsium 31 mg; Zat besi 1,6 mg.

3. Ikan kembung

Salah satu pilihan ikan untuk MPASI yang juga mudah didapat dan dijangkau yakni ikan kembung. Sebelum memberikannya pada si Kecil, jangan lupa lebih teliti memisahkan durinya ya, Bunda.

Per 100 gram ikan kembung mengandung nutrisi: Energi 125 kalori; Protein 21, 3 gram; Lemak 3,4 gram; Kalsium 136 mg; Kalium 245 mg.

4. Belut

Belut memiliki cita rasa gurih alami yang biasanya disukai oleh bayi. Bunda dapat memotong-motongnya terlebih dahulu sebelum diolah supaya lebih mudah.

Diketahui kandungan protein dan lemak dalam belut cukup tinggi, sehingga dipercaya dapat membantu meningkatkan berat badan bayi.

Per 100 gram daging belut terdapat kandungan nutrisi: Energi 417 kalori; Protein 25,9 gram; Lemak 19, 4 gram; Kalsium 840 mg; Fosfor 872 mg.

5. Ikan teri

Jenis ikan untuk MPASI lainnya yang juga memiliki rasa asin dan gurih alami yakni ikan teri. Bunda tak perlu lagi memberikan tambahan garam atau kaldu bubuk saat memasak MPASI menggunakan ikan teri.

Bahkan jika ingin mengurangi rasa asin dari teri, Bunda dapat merendamnya dalam air hangat sekitar 10 menit sebelum dimasak.

Per 100 gram ikan teri mengandung nutrisi: Energi 170 kalori; Protein 33,4 gram; Lemak 3 gram; Kalsium 1200 mg; Zat besi 3,6 mg.

Baca pilihan ikan untuk MPASI lainnya di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video manfaat bawang putih yang bisa ditambahkan di MPASI bayi:

[Gambas:Video Haibunda]



TETAP WASPADAI KEMUNGKINAN REAKSI ALERGI YA BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!