sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Kata Ortu Anak Makan Kelapa Parut Bisa Bikin Cacingan? Ini Kata Dokter

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 20:40 WIB
Cracked  coconut and flakes on rustic wooden table background caption
Jakarta -

Mungkin Bunda pernah dengar nasihat tentang berbagai makanan pantangan saat kecil. Salah satunya larangan makan kelapa parut yang katanya bikin cacingan. 

Seperti yang kita tahu, Indonesia kaya akan budaya, berbagai daerah juga masih memegang kepercayaan nenek moyang. Alhasil, mitos dan hal-hal tabu tentang makanan juga masih dipercaya. Salah satunya seperti kelapa parut.

Orang tua zaman dahulu melarang anak-anak untuk makan kelapa parut karena dipercaya bisa sebabkan cacingan atau kremian. Hmm.. Bunda pernah dengar nasihat tersebut?


Bagaimana soal ini menurut pendapat dokter? Bubun tanya-tanya sedikit nih, dengan dr.Meta Hanindita, Sp.A(K). Menurut dr.Meta makan kelapa parut bikin anak cacingan itu mitos, lho.

"Enggak ada hubungannya (makan kelapa parut bikin cacingan). Mitos," ungkap dr.Meta saat dihubungi HaiBunda, Selasa (12/7/2022).

Meta lebih lanjut menjelaskan bahwa infeksi cacing kremi disebut Enterobiasis atau oksiuriasis. Cara penularannya lewat telur yang tertelan, Bunda. Telur itu dapat berasal dari makanan yang terkontaminasi atau tanah yang tercemar kotoran yang mengandung telur cacing.

"Kalau kelapa parutnya bersih, enggak masalah kok," tuturnya.

Mitos zaman dahulu mengatakan demikian mungkin karena cacing kremi bentuknya kecil-kecil berwarna putih seperti parutan kelapa, menurut Meta.

Pentingnya terapkan PHBS dan minum obat cacing rutin

Dokter Spesialis Anak, Subspesialisasi Nutrisi yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini menegaskan bahwa kebersihan tangan anak sangat berpengaruh, Bunda. Apalagi jika anak habis main di taman atau kebun. Pastikan tangan mereka bersih dari tanah dan cuci tangan pakai sabun sebelum makan.

Untuk itu, penting sekali menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan pakai sabun, masak dengan benar, air minum yg matang dan bersih.

Selain itu, penting juga bagi anak untuk rutin minum obat cacing enam bulan sekali, Bunda. Meta juga menyarankan sejak anak usia satu tahun, sebaiknya sudah diberikan obat cacing secara rutin.

Lalu, bagaimana gejala umum infeksi cacing? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga penyebab kepala Si Kecil panas tapi tidak demam:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
GEJALA UMUM INFEKSI CACING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!