sign up SIGN UP search

parenting

5 Fakta Bocah Ponorogo Terbakar akibat Jajanan Ice Smoke

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 13 Jul 2022 20:40 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit caption
Jakarta -

Ada kejadian mengejutkan di Ponorogo, Jawa Timur, Bunda. Seorang bocah berusia 5 tahun dengan inisial AH menderita luka bakar di sekujur tubuhnya.

Peristiwa yang dialami oleh warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, ini terjadi usai dirinya membeli jajanan yang diberi nitrogen cair saat melihat pertunjukan reog. Jajanan ice smoke itu oleh pedagangnya diberi nama 'es smok'.

Seperti apa kejadiannya? Simak fakta-fakta yang Bubun rangkum dari berbagai sumber berikut ya.


1. Kronologi

Ayah korban, Sutrisno (46) menceritakan kronologi yang menimpa putra kesayangannya. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/7/22) sore, di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis.

Saat itu, dia bersama sang anak hendak melihat pertunjukan reog. Di lokasi itu ada penjual jajanan. Salah satunya yang bernama es smok.

Karena jajanan itu mengeluarkan asap, anaknya penasaran dan minta dibelikan. Awalnya tampak normal, penjual mengambil jajanan dan diberikan nitrogen cair. Satu porsi harganya Rp20 ribu.

"Langsung tak belikan. Baru lepas dari tangan penjualnya, dibawa anak saya, tiba-tiba keluar api langsung membakar anak saya," tutur Sutrisno, dikutip dari detikcom pada Rabu (13/7/2022).

2. Tidak tahu sumber apa dari mana

Sutrisno mengaku terkejut dengan api yang tiba-tiba muncul. Padahal, dirinya sendiri tak merokok. Saat itu ia juga tak memperhatikan di sekitar anaknya ada perokok atau tidak.

"Kejadiannya cepat sekali. Langsung membakar anak saya. Saya juga spontan mematikan api pakai tangan saya. Tangan saya ikut terbakar," kata Sutrisno.

3. Alami luka bakar 30 persen

Setelah kejadian itu, Sutrisno langsung melepas kaos anaknya yang sudah terbakar kemudian melarikannya ke puskesmas terdekat. Oleh puskesmas dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lengkap.

"Jajanannya semacam jajanan yang diberi nitrogen cair. Baru dipegang anak saya 1 menit langsung terbakar. Tidak tahu sumber api dari mana," kata Sutrisno.

Akibat kejadian ini, AH mengalami luka bakar hingga 30 persen, Bunda.

4. Berharap masalah selesai secara kekeluargaan

Sutrisno berharap permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Dia meminta doa untuk kesembuhan anaknya. "Pemilik jajanan ke sini terus meminta maaf, saya ingin diselesaikan secara kekeluargaan. Yang penting anak saya sembuh," kata Sutrisno.

Dia mengimbau kepada para orang tua agar memperhatikan dan lebih berhati-hati lagi saat membelikan jajanan untuk anaknya. Bisa saja jajanan itu ternyata mencederai pembeli.

"Minta doa untuk kesembuhan anak saya. Saya juga imbau kepada teman-teman semua kalau anaknya minta jajan agar lebih berhati-hati, berisiko ke anak. Karena kemarin menimpa anak saya," tutur Sutrisno.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Waspadai luka bakar pada anak, simak penjelasan lengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MENGENAL ICE SMOKE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!