sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Salep Luka Bakar yang Aman untuk Keluarga, dari Medis hingga Alami

Kinan   |   Haibunda Jumat, 12 Aug 2022 20:20 WIB
Penyebab dan cara mengobati ruam kulit anak. caption
Jakarta -

Luka bakar adalah salah satu cedera rumah tangga yang paling umum terjadi, terutama di kalangan anak-anak. Oleh sebab itu, Bunda perlu tahu apa saja salep luka bakar yang aman disediakan di rumah.

Dikutip dari Healthline, luka bakar ditandai dengan terjadinya kerusakan kulit yang parah dan sel-sel kulit yang terkena menjadi mati.

Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa gangguan kesehatan yang serius, tapi ini bergantung pada penyebab dan tingkat cedera. Pada jenis luka bakar yang serius mungkin diperlukan perawatan medis darurat yang cepat dan tepat untuk mencegah komplikasi.


Ada tiga jenis luka bakar: derajat satu, dua, dan tiga. Setiap derajat didasarkan pada tingkat keparahan kerusakan pada kulit. Tingkat kerusakan meliputi:

  • Derajat satu: kulit tampak memerah, tetapi tidak melepuh
  • Derajat dua: kulit lecet dan sebagian terjadi penebalan
  • Derajat tiga: ketebalan lebih luas dengan tampilan warna putih dan teraba kasar

Ada juga luka bakar derajat empat. Jenis luka bakar ini mencakup semua gejala luka bakar derajat tiga, tapi juga meluas ke bagian luar kulit (hingga ke tendon dan tulang).

Pilihan salep luka bakar yang dapat digunakan

Apa saja jenis-jenis salep luka bakar (baik yang alami maupun medis) yang ampuh dan aman disediakan di rumah sebagai pengobatan pertama? Yuk simak ulasan berikut ini seperti dilansir berbagai sumber:

1. Salep antibiotik

Salep dan krim antibiotik pada dasarnya berfungsi membantu mencegah infeksi, termasuk untuk luka bakar. Untuk penggunaannya, oleskan salep antibakteri seperti Bacitracin atau Nebacetin pada luka bakar.

Meski salep ini dijual bebas, usahakan untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya. Ini karena pada beberapa kasus luka bakar tertentu, penggunaan salep antibiotik mungkin tidak direkomendasikan.

2. Salep lidah buaya

Jika ingin menggunakan salep luka bakar yang alami, Bunda dapat memanfaatkan lidah buaya. Beberapa studi menunjukkan bahwa lidah buaya efektif dalam menyembuhkan luka bakar derajat satu hingga dua. 

Manfaat ini didapat karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, sekaligus mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menghambat pertumbuhan bakteri. Oleskan lapisan gel murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya langsung ke area kulit yang terkena. 

Apa lagi jenis salep untuk luka bakar yang bisa digunakan oleh keluarga? Simak di halaman selanjutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tiga cara mengatasi biang keringat pada anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Salep MEBO, Placenta Extract hingga Silver Sulfadiazine
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!