sign up SIGN UP search


parenting

Pantun Kiasan & Maknanya, Cocok untuk Belajar Si Kecil Usia SD

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 19:00 WIB
Ilustrasi dongeng anak atau membaca buku Pantun Kiasan & Maknanya, Cocok untuk Belajar Si Kecil Usia SD/Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Pantun adalah puisi lama atau sajak yang berisi ungkapan, Bun. Ungkapan yang dimaksud bisa berupa nasihat, teguran, sindiran, atau kelakar. Jenis pantun cukup beragam dan salah satunya ada pantun kiasan.

Pengertian pantun kiasan adalah bagian puisi lama yang berisi ungkapan sindiran, pengibaratan, atau peribahasa. Jenis pantun ini secara umum sama dengan pantun lainnya, bedanya dalam penggunaan kiasan atau perumpamaan.

Hal ini sebagaimana tujuan dari penulisan pantun kiasan itu sendiri yaitu untuk menyampaikan sesuatu hal menggunakan kiasan. Di mana kiasan atau konotasi merupakan kata atau istilah yang tidak mempunyai makna sesungguhnya. Jadi bisa dibilang terdapat makna yang terselubung tapi cukup mudah dimengerti.


Banner Kehamilan Keempat Fanny FabrianaFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Contoh pantun kiasan dan maknanya

Makna yang tertuang dalam pantun bisa dijadikan bahan pembelajaran yang baik untuk Si Kecil yang sudah duduk di bangku SD. Kira-kira, bagaimana contoh pantun kiasan dan seperti apa maknanya? Untuk mengetahuinya yuk simak ulasan berikut.

Jenis pantun yang menggunakan kata kiasan ini sebenarnya mudah dibuat oleh siapa saja. Materi tentang pantun ini pun diajarkan sejak bangku SD. Ada pun berikut ini beberapa contoh pantun kiasan dan maknanya dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

1. Pantun kiasan tentang cinta tak berbalas

Amboi indah nian berkenalan
Jalan rejeki akan bermunculan
Seperti punuk merindukan bulan
Sukar untukmu merebut hati Dilan

Contoh pantun kiasan di atas memiliki makna seseorang yang mencintai sesuai yang sulit didapatkan atau tidak berbalas. Hal ini dituangkan dalam kalimat kiasan 'seperti punuk merindukan bulan'. Bulan berada di ketinggian (angkasa) yang tentunya tidak mudah didapatkan.

2. Pantun kiasan tentang kegigihan meraih mimpi

Kumbang tampak belang di kaki
Terbang hinggap di bunga yang wangi
Demi mimpi gunung tinggi kan kudaki
Lautan api pun kuseberangi

Contoh pantun kiasan dan maknanya di atas adalah kegigihan akan perjuangan seseorang agar apa yang dimimpikan bisa tercapai. Pantun ini seolah ingin menularkan semangat juang agar tidak mudah lelah apapun halangan yang dihadapi harus tetap berusaha supaya cita-cita bisa tercapai.

3. Pantun kiasan tentang baiknya tidak menjadi munafik

Lupa ingatan disebut amnesia
Kulit berkerut tandanya mulai menua
Jadilah orang berwajah ceria
Jangan malah bermuka dua

Pantun kiasan dan maknanya di atas ajakan untuk tidak menjadi orang munafik. Di mana munafik dituliskan secara tersirat menggunakan kata kiasan 'bermuka dua' yang bermaksud tampak berbeda dari sisi yang berbeda.

Itulah beberapa contoh dari pantun kiasan dan maknanya. Cobalah ajak Si Kecil untuk sering berlatih menulis atau membuat sendiri pantun menggunakan kiasan. Hal itu kiranya akan lebih membantu memahami makna dan memperkaya perbendaharaan katanya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tiga hal yang pantang dilakukan oleh anak SD.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!