sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Gentle Parenting Pola Asuh Tanpa Marah-marah, Ini Cara Menerapkannya

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 22:45 WIB
CARA MENERAPKAN GENTLE PARENTING PADA ANAK
Family enjoying the holidays caption

Gentle parenting harus mulai dari mana?

Jika Bunda tertarik dengan pendekatan gentle parenting ini, Bunda tentu bertanya-tanya harus mulai dari mana? Untungnya, cukup sederhana untuk menerapkan etos gentle parenting ke dalam kehidupan sehari-hari Bunda. Semuanya dimulai dengan menghormati perasaan dan perkembangan anak Bunda.

Bayi dan balita dibiarkan mencoba dengan ketidakmampuan mereka untuk mengatur emosi dan perilaku mereka, meskipun tampaknya mustahil untuk melakukannya dengan benar.

Dengan mengenali mengapa mereka berperilaku dengan cara tertentu, Bunda dapat menyesuaikan respons Bunda terhadap Si Kecil. Hal ini juga dapat mengingat kemampuan kognitif mereka untuk memahami reaksi Bunda. 


Banner Cerita Bunda Ani Milliki Anak Ber-IQ Superior

Coba pahami anak terlebih dahulu

Misalnya, menenangkan bayi Bunda yang menangis. Daripada terlihat kesal untuk memintanya berhenti menangis, dalam gentle parenting Bunda dapat mengajari anak empati sejak dini dengan mencontohkannya.

Cobalah berempati dengan apa yang membuat anak menangis, bagaimana perasaannya, dan apa yang dapat Bunda lakukan untuk membantunya mengatasi perasaan tersebut.

Orang tua memahami anak-anak mereka di atas segalanya. Sederhananya, ini berarti menyesuaikan harapan Bunda dengan realitas anak-anak harus berperilaku sesuai usianya.

Misalnya, meskipun tentu membuat frustrasi saat Si Kecil susah tidur sepanjang malam, orang tua yang menerapkan gentle parenting akan memahami bahwa anak tidaklah bertingkah nakal.

Dengan menghibur seperti membacakan dongeng atau buku, alih-alih menghukum anak, orang tua mencontohkan empati. Hal ini merupakan sifat positif yang dapat mereka terapkan dalam hidupnya kelak.

Bagaimana Bunda sudah siap menerapkan gentle parenting ini pada Si Kecil? Semangat ya, Bunda.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!