sign up SIGN UP search


parenting

5 Perkembangan Bahasa Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Ucapkan Kalimat Singkat

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 09 Sep 2022 22:25 WIB
Educational pastime develop creativity skill in kid concept. Asian mother her small daughter lying on warm wooden floor in sunny cozy living room, mom teach girl paint use album and colourful pencils caption
Jakarta -

Pada usia dua tahun, anak akan mengalami berbagai macam perubahan dalam tumbuh dan kembangnya, Bunda. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah perkembangan bahasanya.

Perkembangan bahasa pada anak secara perlahan beralih dari melakukan ekspresi suara lalu berekspresi dengan berkomunikasi. Sebelum menggunakan kata-kata, anak hanya akan berkomunikasi dengan menggunakan gerakan dan isyarat untuk menunjukkan keinginannya.

Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, perbendaharaan bahasa anak juga akan meningkat dalam kapasitas, keluasan, dan kerumitan, Bunda. Anak-anak secara bertahap beralih dari melakukan ungkapan menjadi melakukan ungkapan dengan berkomunikasi.


Perkembangan bahasa anak dua tahun

Ada beberapa hal yang perlu Bunda pahami dalam perkembangan bahasa anak di usianya yang menginjak dua tahun, nih. Melansir laman Raising Children, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Kosa kata anak usia 2 tahun

Pada usia dua tahun kosakata anak akan berkembang dengan cepat, Bunda. Mereka bahkan akan mempelajari kata-kata baru setiap harinya.

Secara umum, anak memahami lebih banyak kata daripada yang bisa mereka gunakan. Anak akan menggunakan banyak kata benda seperti 'bayi', 'teman', atau 'mobil'.

Tak hanya itu, Si Kecil akan mulai menggunakan kata-kata seperti 'lebih' dan 'paling', Bunda. Mereka juga akan mulai menanyakan berbagai hal dengan menggunakan kata 'siapa', 'apa', dan 'di mana'. Anak akan mulai mengatakan 'aku', 'milikku', dan 'kamu'.

2. Kalimat dan tata bahasa

Sebagai bagian dari perkembangan bahasa, anak akan mulai menggunakan kalimat dua kata pada usia sekitar dua tahun, Bunda. Sedangkan di usia tiga tahun, mereka akan mulai menggunakan kalimat dengan tiga kata atau lebih.

Lebih lanjut, di usia ini anak biasanya akan mulai mendengar tata bahasa dan kalimat yang lebih terstruktur. Misalnya seperti 'aku ingin makan'.

Di usia ini, anak juga telah belajar menggunakan bahasa yang menjelaskan masa lampau. Misalnya saja berjalan dan melompat. Mereka juga akan mulai menggunakan bentuk jamak seperti kucing-kucing atau anjing-anjing.

Lantas seperti apa pemahaman dan perkembangan bahasa Si Kecil di usia 2 tahun ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video nama bayi perempuan Bahasa Yunani bermakna baik hati berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENGUCAPAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!