sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Pijat Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat, Perhatikan Titik Pijatannya

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 16:10 WIB
Mother and baby in pajamas, early in the morning, mom taking care of her sick toddler boy. Baby in bed with fever and running nose caption
Jakarta -

Hidung tersumbat bisa membuat bayi rewel. Akan tetapi, sumbatan ringan umumnya tidak mengkhawatirkan. Ini karena biasanya disebabkan oleh alergi, udara kering, atau infeksi virus seperti flu biasa.

Walau demikian, bayi tidak dapat membersihkan lendirnya sendiri, yang berarti Bunda harus membantu tugas tersebut. Nah, bagaimana nih cara mengatasi hidung tersumbat?

Perlu Bunda ketahui dahulu, bayi tidak dapat diberikan obat dekongestan sampai mereka berusia 4 tahun karena efek samping yang berpotensi mengancam jiwa dapat terjadi. Hal ini menurut Food and Drug Administration (FDA).


Cara mengatasi hidung bayi tersumbat

Hidung yang tersumbat dan dada sesak juga dapat menyebabkan banyak tekanan pada wajah dan tulang rusuk bayi. Hal ini dapat membuat Si Kecil merasakan tertekan, sakit, dan tidak nyaman. 

Dilansir laman Kids Health, untuk itu, Bunda dapat mengatasi hidung bayi tersumbat karena pilek dengan memberikan pijatan. Namun, Bunda perlu memperhatikan betul titik-titik pijatan dan melakukannya secara tepat.

Teknik pijat untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat

Berikut teknik pijat untuk mengatasinya, dikutip dari berbagai sumber:

1. Pijat area kepala

Pijatan lembut di sekitar kepala dan wajah bayi atau balita sangat menenangkan hidung mereka yang tersumbat. Gosok alis, batang hidung, tulang pipi, dan bagian bawah kepalanya dengan lembut. Jenis pijatan ini akan membantu menghilangkan sumbatan dan memberikan kelegaan yang menenangkan pada anak.

2. Bagian tengah bawah jari kaki

Untuk bayi yang mengalami hidung tersumbat, pilek, nyeri sinus, atau gangguan pernapasan, berikan tekanan pada area tengah di bawah setiap jari kaki. Menggosok jari-jari kaki bayi dapat membantu meredakan pilek.

Titik utama yang sesuai dengan sinus terletak di ujung jempol kaki mereka. Dengan memijat lembut tempat ini, Bunda dapat membantu bayi dengan gejala pilek dan nyeri sinus.

3. Teknik raindrops atau waterfall

Lakukan teknik raindrops atau waterfall di pipi. Ketuk dengan lembut ujung jari di wajah bayi, itu mengurangi hidung tersumbat.

Sebelum memijatnya, Bunda juga disarankan untuk konsultasikan ke doter ya. Nah, di samping teknik pijat, ada beberapa hal yang mendukung agar pilek yang dialami bayi bisa mereda dengan cepat. Baca di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video kondisi anak yang membutuhkan obat penurun demam berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS ATASI PILEK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!