sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Balita Sempat Alami Wajah Lumpuh Sebelah saat Bangun Tidur Siang

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 13 Sep 2022 15:05 WIB
Ilustrasi ibu dan anak Ilustrasi Kisah Balita Sempat Alami Wajah Lumpuh Sebelah Saat Bangun Tidur Siang. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Beberapa waktu lalu seorang Bunda bernama Natalia menceritakan kisah anaknya, Mika, yang didiagnosis Bell's Palsy, pada laman Instagram @nataliagaloengs. Kala itu, wajah sang anak lumpuh pada bagian sebelah kiri usai tidur siang, Bunda.

Mengutiplaman Mayo Clinic, Bell's Palsy adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan tiba-tiba pada otot-otot di satu sisi wajah. Dalam kebanyakan kasus, kelemahan otot ini bersifat sementara dan akan meningkat secara signifikan selama berminggu-minggu.

HaiBunda kemudian menghubungi Bunda Natalia untuk mendengarkan secara langsung kisahnya. Bunda Natalia menceritakan bahwa sang anak sama sekali tidak mengalami tanda-tanda kelumpuhan sebelum tidur siang.


"Jadi Mika itu waktu bangun tidur siang sekitaran 2 jam, tiba-tiba langsung lumpuh sebelah kiri (wajahnya). Jadi sebelum tidur siang itu tidak merasakan apa-apa. Biasa saja, minum susu biasa, habis itu bobo. Bangun tidur tiba-tiba begitu," tutur Natalia pada HaiBunda, baru-baru ini.

Saat kejadian, Natalia tidak bisa langsung membawa Mika ke rumah sakit. Hal ini karena hari Sabtu dan dokter tidak ada yang berpraktik.

Meski begitu, Natalia mengaku telah melakukan pertolongan pertama pada sang anak. Ia mengompres wajah Mika dengan air hangat dan mengoleskannya dengan minyak.

"Pertolongan pertamanya aku kompres air hangat saja. Aku searching di Google terus kompres air hangat. Terus aku balurin minyak, tapi aku enggak pijit. Cuma balurin minyak saja ke wajahnya yang sebelah kiri yang lumpuh. Jadi itu hari Sabtu sampai Minggu aku gituin terus," paparnya.

Di saat Natalia membawa sang anak ke dokter, ia mengaku sang anak sempat mengalami demam dan flu yang berkepanjangan. Menurut dokter, saat itulah virus penyebab Bell's Palsy ini menyerang Mika.

"Dokter nanya sama saya, 'Ibu ini sebelumnya Mika ada demam, enggak?' Ada saya jawab. Terus dokter tanya juga, 'Sebelumnya Mika ada flu juga?' Ada. Jadi dia itu demam sama flu. Kebetulan flu-nya itu lama. Saya juga agak bingung kemarin kok flu-nya lama dan Mika memang jarang sekali sakit. Bahkan imunisasi saja enggak pernah demam," katanya.

"Dokter spesialis saraf anak ini bilang, 'Ini adalah bentuk suatu peradangan, Bu, dari demamnya itu. Jadi dia komplikasi ke saraf dan otot wajahnya," sambung Natalia.

Lebih lanjut, Natalia diberitahu oleh dokter bahwa penyebab Bell's Palsy ini belum diketahui secara detail, Bunda. Simak selengkapnya di laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara mudah atasi sembelit pada bayi MPASI berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB BELL'S PALSY BELUM DIKETAHUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!