sign up SIGN UP search


parenting

25 Nama Nabi dan Rasul, Ketahui Perbedaannya untuk Dikenalkan pada Si Kecil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 19:11 WIB
Woman hands praying for blessing from god on sunset background Ilustrasi 25 Nama Nabi dan Perbedaannya dengan Rasul. Foto: iStock
Jakarta -

Di agama islam terdapat 25 nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui ya, Bunda. Namun, bukan berarti hanya terdapat 25 nama Nabi dan Rasul yang diutus Allah SWT ke muka bumi.

Para Nabi dan Rasul adalah utusan Allah SWT yang dipilih untuk mengajarkan ajaran Islam kepada seluruh umat Muslim di dunia. Sebetulnya, Nabi dan Rasul mempunyai perbedaan yang bisa Bunda perkenalkan pada Si Kecil. Apa saja perbedaannya?

Perbedaan Nabi dan Rasul

Meskipun keduanya sama-sama utusan Allah SWT, para Nabi dan Rasul memiliki perbedaan mulai dari pengertian hingga tugasnya.


Banner Gawat Janin

Mengutip dari buku Cara Efektif Mengenalkan Rukun Iman pada Anak karya Ayu Agus Rianti. Dalam pengertiannya, Nabi berarti seseorang yang diberi wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri. Sedangkan, Rasul diperintahkan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya.

Perbedaan selanjutnya terletak di jumlahnya, nama-nama Nabi yang ada berjumlah kurang lebih 124.000 dan Rasul berjumlah lebih sedikit yakni hanya 315 orang. Jumlah tersebut dijelaskan dalam hadits yang bersumber dari Abu Dzar. Namun, menurut sebagian ulama tidak ada jumlah pasti dari hadist yang meriwayatkan hal tersebut yang shahih.

Jumlah 25 Nabi dan Rasul diambil dari nama-nama Nabi dan Rasul yang disebutkan oleh Al Quran. Namun, itu hanya sebagian saja yang disebutkan.

Dalam tugasnya para Nabi dan Rasul cukup berbeda yang didasarkan pada tujuan diutusnya kemuka bumi. Seorang Nabi diutus untuk mengokohkan syariat sebelumnya, berbeda dengan Rasul yang diutus untuk mengajarkan syariat baru kepada umatnya.

Selain itu para Rasul mendapatkan kitab, sedangkan Nabi tidak memiliki kitab karena sesuai yang dijelaskan bahwa Nabi diutus untuk mengokohkan syariat sebelumnya.

Secara status Nabi dan Rasul juga memiliki perbedaan yakni Nabi belum tentu adalah Rasul, sedangkan Rasul sudah pasti merupakan seorang Nabi, Bunda. Demikian seperti dikutip dari kitab Majmu' Fatwa 'juzu' 10/Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyyah rahim.

Nama-nama Nabi dan Rasul yang Harus Diketahui

Pada dasarnya Nabi dan Rasul itu diutus oleh Allah SWT untuk beriman dan menjalankan segala sesuatu yang sudah diwahyukan serta menyampaikannya kepada manusia.

Ke 25 nama Nabi dan Rasul yang harus diketahui sudah banyak diajarkan oleh seorang pengajar sejak taman kanak-kanak. Dengan berbagai metode pembelajaran yang berbeda hingga muncul lagu anak tentang nama Nabi dan Rasul yang harus diketahui.

Berikut adalah ke 25 nama-nama Nabi dan Rasul yang harus diketahui:

  1. Nabi Adam AS
  2. Nabi Idris AS
  3. Nabi Nuh AS
  4. Nabi Hud AS
  5. Nabi Salih AS
  6. Nabi Ibrahim AS
  7. Nabi Luth AS
  8. Nabi Ismail AS
  9. Nabi Ishaq AS
  10. Nabi Yakub AS
  11. Nabi Yusuf AS
  12. Nabi Ayub AS
  13. Nabi Syu'aib AS
  14. Nabi Musa AS
  15. Nabi Harun AS
  16. Nabi Zulkifli AS
  17. Nabi Daud AS
  18. Nabi Sulaiman AS
  19. Nabi Ilyas AS
  20. Nabi Ilyasa AS
  21. Nabi Yunus AS
  22. Nabi Zakaria AS
  23. Nabi Yahya AS
  24. Nabi Isa AS
  25. Nabi Muhammad SAW

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara ajak ngobrol bayi untuk mencegah speech delay berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!